ANTARAJAWABARAT.com,11/11 - Sejumlah jenis olahraga tradisional Jawa Barat akan dikompetisikan dalam Olimpiade Olahraga Tradisional (OOTRaD) 2011 pada Minggu (13/11) 2011.

Kompetisi permainan tradisional bertajuk "Sapta Lomba Estapet" seperti "ngaragaji awi", "ngagandong boboko", "nyuhun/manggul jukut", "nanggung suluh", balap karung, egrang, dan "manggul beas" akan digelar dalam OOTRaD ke-4 yang setiap tahun rutin diselenggarakan Universitas Padjadjaran (Unpad).

"Selain itu, akan ada Maraton Egrang yang akan menjadi daya tarik dari OOTRaD tahun ini. Maraton Egrang ini akan mengelilingi kampus Unpad Dipatiukur," kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad, Trias Nugrahadi, Bandung, Jumat.

Trias menuturkan, sebagai perguruan tinggi negeri di Jawa Barat, Unpad memiliki komitmen untuk melestarikan kebudayaan Sunda, salah satunya melalui perhelatan ini.

"Hal yang mendasari OOTRaD adalah komitmen Unpad terhadap budaya Sunda. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk rangkaian dari Dies Natalis ke-54 Unpad," kata Trias.

Sebelum olimpiade olahraga, akan ada pula serangkaian kegiatan lainnya, seperti "Unpad Aleut-aleutan".

"Unpad Aleut-aleutan" merupakan sejenis pawai keliling yang akan diikuti oleh masing-masing perwakilan fakultas yang ada di Unpad dan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

"Pawai ini akan dimulai pada Minggu pagi pukul 06.00 WIB, dan akan menuju ke area "Car Free Day" Jalan Ir. Juanda," terang Trias.

Setiap fakultas dan unit kerja di lingkungan Unpad akan menampilkan kekhasannya masing-masing dalam suatu arak-arakan, rampak gerak, dan "kamonesan" yang bisa dinikmati masyarakat umum.

Masih termasuk ke dalam rangakaian OOTRaD, juga akan digelar Unpad Ngagowes dan Unpad Ngahaleuang atau Unpad Idol yang akan diselenggarakan pada Sabtu (12/11).

Dalam Unpad Ngagowes, sejumlah civitas akademika Unpad akan bersepeda mengitari aset-aset Unpad di Bandung.

Perjalanan akan dimulai dari kampus Unpad Jalan Dipatiukur, rute perjalanan akan berlanjut ke Jalan Ir. Juanda, Jalan Cihampelas, Jalan Cipaganti, Jalan Ganeca, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke kampus Unpad Jalan Dipatiukur.

"Unpad Ngagowes akan dimulai pukul 10.00 WIB. Seluruh peserta akan menggunakan kostum khas jaman dulu, yaitu baju putih, celana hitam, dan topi terbuat dari samak," tutur Trias.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia menuturkan, untuk sementara ini kegiatan OOTRaD masih terbatas untuk civitas akademika Unpad.

"Selama ini banyak masyarakat yang antusias dan menanyakan kapan kegiatan ini bisa dibuka untuk umum. Mungkin untuk ke depannya itu bisa saja. Namun, untuk saat ini kami tetap mengundang seluruh masyarakat untuk menyaksikan kemeriahan OOTRaD," kata Ganjar.

Selain OOTRaD, pada 19 November akan diselenggarakan pula "Unpad Catur Main Bertiga Gantian (U-Camaintian), yaitu permainan catur yang dimainkan oleh dua tim, setiap timnya terdiri dari tiga orang pemain.

"Ini akan jadi gelaran U-Camaintian yang kedua. Jika tahun sebelumnya masih terbatas untuk civitas akademika, untuk tahun ini akan mulai dibuka untuk umum," lanjut Ganjar.

Pendaftaran hingga saat ini masih dibuka dan akan ditutup pada 18 November. "Bagi yang berminat bisa mendaftar diri Biro Adm. Kemahasiswaan Unpad, Jln. Dipati Ukur No.35 Bandung atau di Wisma Catur, GOR Pajajaran, Jln. Pajajaran No.37 Bandung," tandas Ganjar.***6***


Achy

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011