Universitas Pasundan meresmikan gedung baru rektorat di Kampus Unpas Jalan Taman Sari Nomor 4 Kota Bandung, Senin, secara "hybrid" di Aula Mandalasaba Ir. H. Djuanda Lantai VIII kampus tersebut.

Ketua PB Paguyuban Pasundan Prof Dr HM Didi Turmudzi menuturkan peresmian gedung baru rektorat tersebut dilaksanakan pada penghujung 2021 atau Desember karena bulan yang bersejarah.

Baca juga: Mahasiswa FT Unpas cetak prestasi di Eshark Rok Cup Indonesia 2021

Dewi Sartika lahir 4 Desember 1884, kemudian dicetuskannya Deklarasi Djuanda oleh Ir. Djuanda pada 13 Desember 1957, dan wafatnya Otto Iskandar Dinata pada 20 Desember 1945.

"Sehingga dengan diresmikannya gedung baru rektorat in semoga Unpas akan melahirkan sosok Dewi Sartika, Ir. Djuanda, dan Otto Iskandar Dinata baru yang dapat membawa negeri ke arah yang lebih maju," ujarnya.

Prof Didi menambahkan bahwa gedung rektorat yang ada di Kampus Unpas di Jalan Taman Sari Kota Bandung akan mempermudah akses dalam berbagai kegiatan, khususnya kegiatan yang bersifat nasional.
"Peresmian gedung ini adalah semangat baru untuk membangun peradaban, tugas perguruan tinggi ada dua yakni pemberdayaan dan kebudayaan. Nanti kami juga akan membuat perubahan kurikulum 'entrepreneurship' (kewirausahaan) yang fokusnya pada pemberdayaan masyarakat dan mendukung kesejahteraan secara berkesinambungan," tuturnya.

Baca juga: Rektor optimistis lulusan Universitas Pasundan jadi bagian bonus demografi

Lebih lanjut Prof Didi mengatakan sumber daya manusia (SDM) pengajar Unpas adalah para profesional lulusan magister dan doktor yang siap membina insan dan lulusan yang unggul dan berkualitas.

Dewan Panggang Paguyuban Pasundan Dr Ahmad Heryawan Lc atau Aher menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Paguyuban Pasundan dan YPT Pasundan yang berhasil membangun Unpas dengan usaha yang kuat dan panjang.

"Bangunan yang megah ini semoga juga dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik karena ini kampus. Maka prestasinya adalah menghadirkan SDM yang unggul yakni SDM adalah yang memiliki pemahaman kebangsaan yang utuh dan moderat, yang pancasilais serta menjalankan agama dengan baik," tuturnya.

Mantan Gubernur Jawa Barat dua periode ini, berharap Unpas akan menghasilkan SDM yang memiliki keterampilan yang kuat dan berkomitmen dalam membangun negara kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila.
"'Skill' (keterampilan) yang harus dimiliki oleh generasi penerus adalah 'skill' dalam bidang teknologi, sebab sumber daya alam kita yang melimpah ini tidak mungkin menjadi kekayaan dan kesejahteraan tanpa ada pengelolaan dari SDM yang menguasai teknologi," katanya.

Baca juga: Universitas Pasundan mulai gelar perkuliahan tatap muka secara terbatas

Dengan SDM yang berkualitas, sambung Aher, maka ekonomi akan bangkit, lapangan kerja akan semakin banyak, kemiskinan tertuntaskan dan infrastruktur maupun pelayanan publik semakin baik.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Pasundan Prof Dr Ir H Eddy Jusuf mengatakan bahwa hadirnya Gedung Baru Rektorat Unpas tersebut bisa menjadi pemicu dalam membangun SDM yang semakin unggul.

"Membangun itu sulit, tapi memelihara jauh lebih sulit. Hal ini adalah sebuah tantangan bagi kami bagaimana infrastruktur dan fasilitas baru harus terus dijaga dan dipelihara," kata dia.

Pihaknya berharap, kehadiran gedung baru rektorat itu juga menjadi pendorong kinerja civitas akademik dan pemanfaatan yang optimal dalam berbagai kegiatan baik acara seminar, webinar, maupun kegiatan akademik lainnya.

Baca juga: FKIP Universitas Pasundan gelar pelatihan dosen terkait kelas internasional

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021