Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) tidak mengendurkan memberikan pelayanan vaksinasi untuk warga yang tinggal di daerah pesisir Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat seperti kegiatan Serbuan Vaksin Maritim Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) yang digelar Rabu. 

"Kami tidak akan mengendurkan pemberian vaksinasi untuk masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi  COVID-19, seperti acara Serbuan Vaksin Maritim yang kami gelar di Markas Komando Posal Palabuhanratu di Kampung Cipatuguran, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu dan beberapa titik lainnya," kata Danposal Palabuhanratu, Kapten Marinir Sri Agus Subagyo.

Baca juga: TNI AL terjun ke pelosok Bogor bantu percepat vaksinasi COVID-19

Informasi yang dihimpun dari petugas vaksinasi (vaksinator), kegiatan vaksinasi untuk melayani dosis pertama dan kedua ini diikuti ratusan warga yang tinggal di daerah pesisir Palabuhanratu dan sekitarnya. 

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Armada Republik Indonesia 2021 yang dilaksanakan Posal Palabuhanratu bekerjasama dengan tenaga kesehatan dan pemerintah setempat.

Menurut Agus, meskipun Kabupaten Sukabumi saat ini sudah memenuhi target minimal pemberian vaksin COVID-19 yakni melebihi 50 persen dari total sasaran yang tervaksinasi, tetapi pihaknya akan terus memberikan pelayanan serupa agar pembentukan kekebalan kelompok/komunal (herd immunity) segera terbentuk. 
Apalagi warga yang tinggal di pesisir pantai rawan tertular COVID-19 karena daerah pesisir kerap didatangi warga dari berbagai daerah untuk berwisata di objek wisata laut selatan Kabupaten Sukabumi ini.

Baca juga: KSOP Patimban dan TNI AL gelar vaksinasi pelajar di atas kapal perang

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 281 orang, namun hanya 237 warga yang bisa mendapatkan vaksinasi sementara sisanya terkendala kondisi kesehatan dan tubuh yang kurang fit.

Adapun rinciannya, untuk warga yang menjalani vaksinasi dosis pertama sebanyak 181 Orang dan kedua 56 orang sisanya 44 warga tertunda karena belum memenuhi syarat kesehatan. Vaksin yang digunakan dalam kegiatan vaksinasi massal ini yakni Sinovac.

"Pelaksanaan vaksinasi digelar secara serentak tersebar di delapan titik di Kecamatan Palabuhanratu dan Alhamdulillah masyarakat antusias untuk menjadi peserta karena mereka sadar pentingnya mendapatkan vaksinasi demi masa depan kesehatannya," tambahnya.
Di sisi lain, Agus mengatakan untuk menambah antusiasme warga yang hadir dalam acara tersebut pihaknya pun menyediakan paket sembako untuk warga yang divaksinasi. Tidak hanya itu, edukasi tentang pentingnya vaksin COVID-19 terus disosialisasikan kepada warga, karena harus diakui sebagian masyarakat masih ada yang termakan informasi atau berita bohong (hoaks) sehingga enggan divaksin, 

Ia pun mengajak seluruh warga khususnya yang tinggal di Kabupaten Sukabumi untuk mendukung dan melaksanakan vaksinasi karena ini merupakan salah satu bentuk perjuangan untuk keluarga dan bangsa menuju Indonesia tangguh dan tumbuh.
 
Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi di dua pesantren di Kabupaten Cirebon

Baca juga: IPDN dan TNI AL suntikkan vaksin COVID-19 untuk 4.379 orang di Papua

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021