Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan balai latihan kerja (BLK) harus bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan ahli dalam bidang kerjanya masing-masing untuk memenuhi permintaan pasar kerja.

"Persaingan di dunia kerja saat ini sangat ketat, tentunya SDM yang berkompeten dan ahli akan lebih mudah terserap pasar kerja. Maka dari itu, BLK mempunyai andil yang besar untuk mencetak angkatan kerja yang memenuhi standar dunia kerja," katanya di Sukabumi, Jumat

Menurut Iyos, pencari kerja asal Kabupaten Sukabumi saat ini tidak hanya bersaing dengan pelamar dari satu daerah saja. tetapi juga bersaing dengan warga dari luar daerah hingga mancanegara dan mereka yang diterima hanya yang memiliki kompetensi dan keahlian sesuai dengan keinginan setiap perusahaan ataupun badan usaha lainnya.

Maka dari, keberadaan BLK sangat penting di tengah masyarakat Kabupaten Sukabumi selain untuk mencetak SDM handal dan siap kerja, juga bisa ikut menyalurkan peserta didiknya ke berbagai lowongan pekerjaan.

Ia pun mengapresiasi salah satu BLK yang dikelola Yayasan Sentra Bakti Nusantara Sukabumi yang berada di Kampung/Desa/Kecamatan Lengkong yang mampu mencetak angkatan kerja yang handal dengan meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya generasi muda yang ada di kecamatan tersebut.

Diharapkan dengan adanya BLK ini setiap angkatan kerja bisa dengan cepat terserap ke dalam dunia kerja dengan memiliki spesifikasi kemampuan yang banyak dibutuhkan pasar kerja saat ini.

"Mereka yang mempunyai keahlian khusus tentunya akan lebih mudah diserap pasar kerja baik dalam maupun luar daerah bahkan luar negeri. Sebenarnya kebutuhan tenaga saat ini cukup tinggi, namun perusahaan atau badan usaha yang tengah merekrut tenaga kerja selalu mencantumkan persyaratan khusus, maka hanya pelamar yang memenuhi kriteria akan diterima, untuk itu adanya BLK harus dimanfaatkan," tambahnya.

Iyos berharap setiap kecamatan memiliki BLK untuk memberikan pelatihan keterampilan khusus kepada para angkatan kerja muda serta ikut menyalurkannya ke dunia kerja. Dengan demikian angka pengangguran bisa terus berkurang dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, pemerintah pusat saat ini tengah melakukan pembangunan berbagai akses transportasi secara besar-besaran di Kabupaten Sukabumi mulai Jalan Tol Bocimi, jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor dan ke depan pembangunan Bandara Sukabumi pun segera terlaksana.

Tentunya, dalam pelaksanaan pembangunan hingga pengoperasiannya membutuhkan SDM yang berkompeten dan ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Sukabumi jangan sampai hanya menjadi penonton saja.

Baca juga: Kota Sukabumi fokus siapkan SDM unggul imbangi kemajuan teknologi

Baca juga: Pemkab Sukabumi siapkan SDM menuju KEK Cikidang

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021