Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 bagi kalangan lansia untuk memenuhi paling tidak 40 persen dari target 67.382 lansia di daerah itu.

"Hari ini kita masih tertinggal 12 persen, masih jauh. Makanya kita melakukan percepatan, diintegrasikan dengan posbindu," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Rabu, saat peresmian posbindu.

Posbindo kependekan dari Pos Binaan Terpadu, merupakan pos pelayanan terpadu bagi para lansia, program dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Ambu Anne, panggilan akrab Anne Ratna Mustika, meresmikan empat posbindu di empat desa pada dua kecamatan yakni di Desa Ciwareng dan Desa Mulyamekar (Kecamatan Babakan Cikao) serta di Desa Campakasari dan Desa Benteng (Kecamatan Campaka).

Ia mengingatkan lansia adalah kelompok rentan terpapar penyakit, termasuk penularan COVID-19, sehingga harus menjadi perhatian bersama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, termasuk vaksinasi, melalui posbindu.

"Jadi posbindu ini harus terintegrasi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian dan mengakomodasi kebutuhan para lansia seperti kesehatan," katanya.

Ia mengatakan lansia ini dalam menjalani program vaksinasi sedikit berbeda, perlu edukasi kepada lansia, terutama masalah keamanan dan kehalalannya.

"Lansia tidak perlu merasa takut karena vaksin ini akan memberikan kekebalan terhadap tubuh sehingga tidak mudah tertular COVID-19, dan kalaupun terpapar tidak akan memberikan gejala berat atau menyebabkan kematian," kata Ambu Anne.

Ia mengajak semua pihak bersama-sama mengedukasi para lansia agar bersedia divaksinasi.

"Supaya terbentuk 'herd immunity' (kekebalan komunal) dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang sekarang sudah mulai melandai," ujarnya.

Ia menargetkan hingga bulan ini vaksinasi tahap 1 sudah mencapai 70 persen dari sasaran berjumlah 776.381 penduduk dan 40 persen dari kalangan lansia.

"Kabupaten Purwakarta harus mengejar ketertinggalan," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta raih Penghargaan Paritrana

Baca juga: Bupati Purwakarta bantu empat bersaudara yang ditelantarkan orangtuanya
 

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021