Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan keberadaan partai politik merupakan mitra penting pemerintah dalam membangun dan memberikan warna bagi pengembangan demokrasi dan fungsi "check and balance" pemerintahan.

"Saya harus mampu merangkul semua kalangan, termasuk partai politik," katanya saat membuka Musyawarah Cabang IX Partai Persatuan Pembangunan di Purwakarta, Sabtu.

Ia menegaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta senantiasa terbuka atas saran konstruktif dalam pembangunan daerah serta memberikan kontribusi bagi kemaslahatan umat dan masyarakat.

Partai politik, katanya, merupakan bagian penting elemen masyarakat dan pemerintahan, khususnya dalam pendidikan politik sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik.

Ia berharap partai politik, termasuk PPP, mampu mengutamakan kepentingan orang banyak yang lebih luas dibandingkan kepentingan kelompok dan golongan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, katanya, berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi tugas partai politik.

Bupati menyebutkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik pada November 2021 akan melakukan pendidikan politik untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan politik bagi pemilih pemula.

Ia juga menyebutkan tahun depan akan dilaksanakan desa peduli pemilu dan pemilihan di masing-masing kecamatan.

Bupati menyampaikan partai politik juga terus melakukan pendidikan politik, bukan hanya pada masa pemilu atau pilkada, melainkan terus menerus agar dicapai pemahaman menyeluruh.

Peningkatan kolaborasi antara partai politik dengan pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan berbagai permasalahan serta pelaksanaan pembangunan, juga diperlukan berlangsung terus menerus.

Bupati juga berharap selama masa pandemi COVID-19, partai berperan aktif mencegah penyebaran virus, melalui beragam bentuk kampanye penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi, baik kepada kalangan anggota dan simpatisan partai maupun kepada masyarakat luas.

"Menghadapi pandemi ini bukan hanya tugas pemerintah," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta peringati Hari Santri Nasional

Baca juga: Pemkab Purwakarta miliki aset tanah 1.258 bidang

Baca juga: Pencegahan korupsi dorong pemerintahan transparan, kata Bupati Purwakarta

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021