Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai fakultas yang paling banyak menyumbangkan narasumber dalam program Radio Republik Indonesia (RRI).

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers universitas yang diterima di Depok, Senin, Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa FKUI selama pandemi COVID-19 setiap hari dari Senin sampai Jumat menghadirkan ahli kesehatan sebagai narasumber dalam siaran bincang-bincang kesehatan di RRI Pro 3 FM, yang sudah mencapai 355 episode.

Pakar bidang kesehatan dari FKUI yang mengisi acara di RRI Pro 3 antara lain dr. Dante Saksono, Sp.PD-KEMD, Ph.D. (Wakil Menteri Kesehatan RI); Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si.; Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K); dan Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI.

Dalam acara itu para ahli di antaranya menyampaikan materi perihal COVID-19, termasuk mengenai pentingnya mempersiapkan kekebalan tubuh dan melengkapi imunisasi pada masa pandemi.

FKUI pada 2 September 2021 menerima penghargaan dari MURI untuk program Dialog Interaktif Layanan Kesehatan COVID-19 di Pro 3 RRI.

Sejak 31 Maret 2020, FKUI secara rutin mengirimkan pakar-pakar untuk menjadi narasumber dalam acara RRI. Ada lebih dari 350 topik yang disampaikan oleh para pakar dari FKUI pada program yang disiarkan secara nasional tersebut.

"Topik bahasan diutamakan seputar COVID-19. Program ini mendapat respons yang baik dari masyarakat dan masih berlangsung hingga hari ini," kata Prof. Ari.

Dia mengutip survei Nielsen yang menunjukkan bahwa di Jakarta siaran kesehatan RRI-FKUI telah didengar oleh lebih dari 10.000 orang.

"Program kerja sama dengan RRI ini menjadi bentuk pengabdian dan juga edukasi dari para pakar atau dosen FKUI kepada masyarakat luas,” kata Prof. Ari.

Penghargaan dari MURI menambah koleksi penghargaan bagi FKUI, yang meraih penghargaan sebagai fakultas dengan penambahan jumlah guru besar terbanyak pada 2020 dan mencatatkan rekor dalam lomba tumpeng pertama dari rangkaian alat kesehatan pada Februari 2021.

Baca juga: HARRIS RAIH PENGHARGAAN MURI SEBAGAI DOKTOR TERCEPAT UI

Baca juga: UI posisi teratas di Indonesia versi THE World University ranking

Baca juga: UI hasilkan 3.890 kekayaan intelektual rentang tahun 2015-2021

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021