Bandung, 31/12 (ANTARA) - PT Pos Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry tentang pendistribusian kiriman surat, paket dan dokumen perusahaan angkutan penyeberangan itu.

Penadatangan kerja sama kedua BUMN tersebut dilakukan oleh Dirut PT Pos Indonesia I Ketut Marjana dan Pelaksana Tugas Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Sirajudin Zaini di Gedung Wahana Pos Jalan Banda Kota Bandung, Jumat.

Dengan perjanjian itu, PT Pos Indonesia bertanggung jawab atas pengiriman dan pendistribusian surat, dokumen dan paket kiriman dari PT ASDP Indonesia Ferry ke seluruh daerah di Indonesia.

"Perjanjian kerja sama ini merupakan kelanjutan kerja sama yang sudah dijalin sejak lama. ASDP berkomitmen untuk bekerja sama dengan PT Pos dalam pengiriman dan pendistribusian surat," kata Dirut PT Pos Indonesia I Ketut Marjana.

Sementara itu Pelaksana Tugas Dirut PT Pos Indonesia Sirajudin Zaini menyebutkan, kerja sama itu dilakukan untuk meningkatkan sinergi antar-BUMN dan memanfaatkan potensi PT Pos dalam pendistribusian surat dan paket.

"Kerjasama ini baru 10 persen dari total kiriman dari ASDP terutama surat dan dokumen saja, sedangkan untuk pengiriman barang teknis belum termasuk di dalamnya. Ke depan diharapkan semuanya bisa ditangani oleh Pos Indonesia," kata Sirajudin.

Menurut dia, PT ASDP Indonesia Ferry memiliki 31 kantor dan perwakilan yang tersebar tersebar di seluruh Indonesia sehingga membutuhkan fasilitasi dalam pendistribusian surat, dokumen dan juga logistik.

Selain itu Indonesia Ferry yang mengoperasikan 117 kapal itu juga membutuhkan pengiriman logistik teknis yang cepat, dan selama ini masih dilakukan pengirimannya secara mandiri.

"Kita butuh kecepatan dalam pendistribusian logistik, dan ke depan tidak bisa diatasi sendiri sehinga butuh partner, peluang itu masih ada untuk kerja sama lebih lanjut dengan Pos Indonesia," katanya.

Penandatanganan itu juga dihadiri oleh sejumlah direksi PT ASDP Indonesia Ferry dan PT Pos Indonesia.***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010