Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Jawa Barat, menyalurkan bantuan dari PMI Kota Bekasi untuk ratusan warga yang mengungsi akibat bencana alam longsor yang melanda dua desa di Kecamatan Cibeber.

Ketua PMI Cianjur, Rudi Syachdiar Hidayat di Cianjur Kamis, mengatakan bantuan yang diberikan PMI Kota Bekasi berupa ratusan peralatan mandi dan mencuci, selimut, beras dan makanan tambahan untuk anak balita yang langsung disalurkan ke dua tempat pengungsian.

"Kami bersama perwakilan pengurus dan relawan dari Kota Bekasi, langsung menyerahkan bantuan ke tangan para pengungsi di dua tempat pengungsian. Hingga saat ini, tercatat 300 orang mengungsi akibat bencana longsor yang melanda Desa Cibokor dan Girimukti," katanya.

Tidak hanya memberikan bantuan, pengurus dan relawan PMI, mengajak bermain anak-anak sebagai upaya trauma healing atau menghilangkan trauma akibat bencana , sehingga mereka tidak merasa jenuh dan larut dalam kesedihan selama tinggal di tempat pengungsian.

Bahkan sebelumnya PMI Cianjur, sempat melakukan penyemprotan disinfektan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya dan melakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah terjangkitnya pengungsi dari demam berdarah.

"Selama mendirikan posko kesehatan dan pelayanan lainnya untuk membantu meringankan beban warga, relawan Sibat PMI juga memberikan sosialisasi bagi pengungsi agar tetap menerapkan prokes, terutama tidak melepas masker selama berada di pengungsian," katanya.

Sementara Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan selama penerapan tanggap darurat bencana alam longsor di Kecamatan Cibeber, pihaknya telah menyalurkan bantuan untuk pengungsi mulai dari sembako, pakaian layak pakai hingga mendirikan dapur umum.

"Saat ini, kami sudah meminta dinas terkait untuk berkoordinasi dengan BPBD Cianjur, terkait tindak lanjut penanganan bencana, termasuk rencana relokasi warga yang rumahnya rata dengan tanah dan proses evakuasi ketika longsor susulan kembali terjadi," katanya.

Baca juga: Petugas gabungan Cianjur bersihkan material longsor Cibeber

Baca juga: Jumlah pengungsi longsor Cibeber-Cianjur bertambah

Baca juga: Warga Cianjur diimbau membaca tanda alam sebelum terjadi bencana

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021