Bandung, 23/9 (ANTARA) - Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Wahyudin Bagenda menjadi calon kuat untuk memimpin Pengda Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jabar periode 2010-2014.

"Bila memang dipercaya, siap untuk memimpin Percasi Jabar dan siap bersama-sama dengan komponen lainnya mengembangkan dan membina atlet serta prestasi catur," kata Wahyudin Bagenda di Bandung, Kamis.

Rencananya pemilihan Ketua Umum Pengda Percasi Jawa Barat akan digelar dalam Musyawarah Daerah (Musda) pada 25-26 September 2010 di Bandung.

Saat ini Pengda Percasi Jawa Barat dipimpin oleh H Syafik Umar yang juga Pimpinan Umum HU Pikiran Rakyat Bandung. Dibawah kepemimpinannya berhasil mencapai prestasi dengan melahirkan sejumlah atlet catur bertaraf internasional sekelas Irene Sukandar dan Susanto Megaranto serta sejumlah pecatur lainnya.

Puncaknya, Jabar sebagai Juara Umum cabang catur para PON XVII/ 2008 di Samarinda dengan menyabet enam medali emas.

"Jabar merupakan gudangnya pemain catur terbaik nasional dan juga melahirkan pecatur-pecatur profesional. Prestasi catur Jabar saat ini cukup membanggakan," kata Wahyudin Bagenda.

Keterlibatan Wahyudin dalam aktivitas pembinaan olahraga catur, merupakan realisasi dari imbuan Presiden RI yang meminta BUMN untuk mendukung dan membina cabang olahraga di tanah air.

PT Len Industri merupakan BUMN Strategis (BUMNIS) yang berdomisili di Kota Bandung. Keterlibatannya dalam pembinaan catur antara lain dengan memprakarsai Festival Catur LEN Industri I/ 2009. Event yang sama juga akan digelar pada 7 November 2010 dengan 800 peserta dari seluruh Indonesia.

Rencananya Festival Catur Len Industri II/ 2010 rencananya akan diupayakan masuk Rekor MURI sebagai festival catur nasional terbesar.

Acara itu akan dimeriahkan dengan pertandingan catur eksekutif yang diikuti oleh Menpora, Gubernur, Wali Kota Bandung, Ketua KONI serta sejumlah tokoh catur nasional.***4***
(U.S033/B/Y008/Y008) 23-09-2010 13:32:43

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010