Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) PSSI telah menerima pendaftaran sebanyak 57 tim untuk kompetisi Divisi I Liga Indonesia XVI tahun 2010/2011, termasuk Persikasi Kabupaten Bekasi.

Dalam "road map" menuju gelaran strata tertinggi kompetisi liga amatir ini, BLAI pekan depan sudah akan menyusun pembagian grup dan jadwal pertandingan, kata Ketua BLAI PSSI, Iwan Budianto ketika dihubungi, Kamis.

Sebagian tim siap menjadi tuan rumah putaran pertama, seperti PS Siak, Persiju Sijunjung, Persikasi Kabupaten Bekasi, Persip Kota Pekalongan, Persiwon Wondama Papua yang mengambil "basecamp" di Yogyakarta, Persid Jember, PSBK Kota Blitar, Persipon Pontianak, PS Kab. Buol, dan PS Sumbawa Barat.

"Pada prinsipnya kami sangat gembira dengan tingginya minat untuk menjadi tuan rumah turnamen. Walau tentunya kami tetap akan melakukan verifikasi terhadap kelayakan seluruh unsur pendukung tim, khususnya
kesiapan stadion dan sarana penunjangnya," ungkap Iwan Budianto.

Budianto menyebutkan persyaratan mutlak bagi tim yang hendak menjadi tuan rumah setiap putaran, yakni harus memiliki Sertifikat Pengelolaan Pertandingan Tingkat Dasar dan Administrasi Pertandingan Tingkat Dasar.

Bila belum mempunyai dua sertifikat tersebut, representasi klub harus mengikuti "workshop" atau lokakarya yang bisa dilakukan sebelum kompetisi resmi berjalan.

Total peserta kompetisi Divisi I Liga Indonesia XVI-2010 adalah 66 tim. Dengan demikian, di luar 57 tim yang sudah mendaftar, masih ada sembilan tim lagi yang pendaftarannya masih ditunggu hingga menjelang dilakukannya pembagian grup.

Tim-tim yang belum mendaftar adalah PS Pelalawan, PS Banyu Asin, Persepar Palangkaraya, PS Bank Sumsel, Persibom Bolaang Mongondow, Gaspa Palopo, serta Persis Solo yang bersama Persiku Kudus dan Persires Rengat berjibaku pada babak play-off, akhir Juli lalu.

Pada musim kompetisi 2009-2010, kompetisi Divisi I Liga Indonesia XV diikuti 59 tim dari total 66 tim yang berhak larut dalam persaingan. Kompetisi dijuarai oleh Persekam Metro FC dari Malang, yang bersama tujuh
tim lainnya memperoleh promosi ke Divisi Utama pada musim kompetisi 2010-2011.

Delapan tim yang memperoleh promosi dari musim kompetisi 2009-2010 adalah Persekam Metro FC, Persemalra Tual, Perserui Serui, PSCS Cilacap, PSLS Lhokseumawe, PS Bengkulu, PS Barito Putra, Persikubar Kutai Barat. Sebaliknya, sebanyak 12 tim terdegradasi ke Divisi II.*

(pso-197/S015)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010