Legislator DPRD Provinsi Jabar dari Fraksi PAN Ade Kaca menyatakan RSUD Pameungpeuk di Kabupaten Garut harus menjadi rumah sakit rujukan di daerah pelosok selatan Jabar dengan menyiapkan berbagai peralatan kesehatan lebih lengkap dibandingkan RSU tingkat kabupaten.

"RSU Pameungpeuk itu harus menjadi RSU rujukan untuk wilayah selatan di Cianjur, Tasikmalaya, dan Garut, jangan kebalik dirujuk ke RSU Dr Slamet (RSU milik Kabupaten Garut)," kata Ade Kaca saat melakukan reses di Kabupaten Garut, Senin.

Ia menuturkan RSU Pameungpeuk sengaja dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jabar untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pelosok selatan Jabar seperti Kabupaten Tasikmalaya, Garut, dan Cianjur.

Selama ini daerah selatan itu, kata dia, cukup sulit untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan ke rumah sakit rujukan karena terkendala jarak yang cukup jauh.

"Saya harap RSU di Pameungpeuk itu bisa menopang kebutuhan pelayanan kesehatan bagi warga Cianjur selatan dan Tasik selatan dan kami itu monitor terus manajemen tata kelola di RSU itu agar dapat dirasakan masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan RSU Pameungpeuk itu mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Jabar dengan mengalokasikan anggaran setiap tahunnya sebesar Rp100 miliar.

Anggaran besar itu, kata dia, cukup untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana RSU termasuk pengadaan peralatan kesehatan yang lebih lengkap dan canggih dibandingkan dengan RSU di tingkat kabupaten.

"RSU Pameungpeuk itu untuk pembangunan infrastruktur dan alat kesehatan dianggarkan Rp100 miliar tiap tahun," katanya.

Ia berharap manajemen RSU Pameungpeuk itu bisa dikelola dengan baik sesuai harapan bersama untuk memberikan pelayanan optimal bagi seluruh lapisan masyarakat di Jabar.

"Alat kesehatan yang diinginkan sudah terpenuhi, tinggal persoalan kebutuhan, diharapkan RSU Pameungpeuk ini sinergis yang baik dengan kebutuhan pasien itu sendiri," katanya.

Baca juga: Pelayanan pasien kanker saat pandemi COVID-19 tetap intensif

Baca juga: Gubernur Jabar resmikan RSUD Asih Husada Langensari Kota Banjar





 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021