Johannesburg, 21/6 (ANTARA/AFP) - Brazil memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan kemenangan 3-1 atas Pantai Gading pada pertandingan Grup D mereka di Soccer City, Minggu (Senin dinihari WIB), namun pemain bintang mereka Kaka diusir dari lapangan.

Kaka diacungi kartu kuning yang kedua pada menit-menit terakhir pertandingan tersebut karena mendorong Abdelkader Keita, tapi dalam kejadian itu terlihat pemain Pantai Gading itu seperti melebih-lebihkan pengaruh dari dorongan tersebut, dengan menjatuhkan diri ke tanah sambil memegang kepala.

Pemain depan Brazil Fabiano memperlihatkan kepandaiannya dengan menciptakan dua gol yang membawa tim besar Amerika Selatan yang dilatih Dunga itu maju ke babak berikutnya yang menggunakan sistem gugur, dengan masih menyisakan satu pertandingan terakhir grup melawan Portugal.

Gelandang Elano menambah kesengsaraan Pantai Gading dengan tembakan matang pada menit ke-62 setelah sebuah upaya luar biasa pada sayap kiri dari Kaka, sebelum Didier Drogba mencetak gol penghibur pada menit ke-79.

Namun kemudian Elano harus ditandu ke luar lapangan yang tampaknya mengalami cedera tulang kering yang parah.

Striker Chelsea Drogba kali ini bermain sejak awal bagi tim Pantai Gading, meskipun mengalami patah lengan, namun penampilan pemain bintang Liga Primer tersebut hampir terhalangi oleh penampilan Brazil yang sesuai dengan mantra mereka Joga Bonito - bermain cantik - dengan beberapa gaya khas Brazil.

Brazil membuka gol saat Kaka melepaskan umpan yang lewat di antara dua pemain belakang dan Luis Fabiano menyambutnya dengan melepaskan tembakan keras yang melewati penjaga gawang Boubacar Barry pada menit ke-25.

Pantai Gading menyelesaikan babak pertama pertandingan itu dengan pemain depan Portsmouth Aruna Dindane menguji kiper Julio Cesar, namun tidak mengubah kedudukan 1-0.

Luis Fabiano kembali memperlihatkan kelasnya saat tiga sentuhan - yang dicurigai handball - membuat dia bisa mengalahkan tiga pemain belakang, sebelum melepaskan tembakan yang melewati Barry, yang harus kembali mengambil boal dari gawangnya pada menit ke-52.

Elano, yang juga mencetak gol dalam kemenangan Brazil 2-1 atas Korea Utara pada pertandingan pertama, sesaat kemudian beraksi saat Kaka melepaskan umpan dari sayap kiri untuk gelandang Galatasaray itu yang kemudian menjebol gawang saat pertandingan berlangsung satu jam.

Namun beberapa menit kemudian dia harus meninggalkan lapangan setelah pelanggaran yang dilakukan salah seorang pemain Pantai Gading.

"Kami kebobolan tiga gol mudah, tapi yang pertama itu sangat bagus," kata pelatih Pantai Gading Sven-Goran Eriksson.

"Kami sedang sial saja dengan gol kedua. Terjadi handball namun wasit tidak melihatnya. Seharusnya itu tidak diperbolehkan."
Pada menit ke-75 Kaita mendapat kartu kuning setelah melakukan tekel yang berbahaya pada pergelangan kaki Michel Bastos.

Drogba menciptakan gol saat dia lolos dari jebakan "offside" para pemain Brazil dengan berdiri bebas menyundul bola yang menjebol gawang Julio Cesar saat pertandingan tersisa 11 menit.

Kaka mendapat kartu kuning karena mendorong Yaya Toure pada menit ke-85 dan tiga menit kemudian giliran mendapat kartu merah, setelah Keita berlari ke arah pemain Brazil yang melihat ke arah lain, dan kemudian jatuh ke tanah dengan memegang wajahnya.

Wasit mengacungi kartu merah dan Kaka seolah tidak percaya meninggalkan lapangan.

Brazil akan menghadapi Portugal pada pertandingan terakhir grup mereka pada Jumat di Durban, sementara Pantai Gading akan menghadapi Korea Utara di Nelspruit pada saat yang sama.


(Uu.SYS/C/I015/B/I015) 21-06-2010 05:04:16

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010