Bogor, 14/4 (ANTARA) - Institut Pertanian Bogo (IPB) menjalin kerja sama dengan Forum Peternak Sapi Indonesia (FPSI) untuk membangun pusat pendidikan dan pelatihan pembibitan sapi di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Nota Kesepahaman (MoU) untuk kegiatan tersebut ditandatangani oleh Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto dan Ketua Umum FPSI Ir Bambang Purwohadi, MSi, MT di Bogor, Rabu, dengan disaksikan Menteri Pertanian Suswono.

Herry mengatakan, kerja sama ini akan dikembangkan lebih luas sebagai proyek percontohan pembibitan sapi nasional untuk mewujudkan swasembada daging pada 2014.

"Kita akan mengembangkan sapi lokal dan melakukan pemuliaan untuk memperoleh bibit yang baik," katanya.

Selama ini, lanjut dia, masyarakat Indonesia belum memberikan penghargaan yang memadai terhadap potensi ternak lokal.

"Indonesia hanya menjadi pasar besar bagi negara lain. Selama ini kita dininabobokan oleh jalan pintas untuk mengimpor sapi," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum FPSI Bambang Purwohadi mengatakan, lokasi pembibitan sapi di Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J) Fakultas Peternakan IPB tersebut selanjutnya akan dijadikan proyek percontohan pembibitan sapi.

Di lokasi seluas 167 hektare tersebut sudah dibangun kandang.

Peran FPSI dalam kerja sama ini menyediakan modal operasional usaha berupa 5 ribu ekor sapi, pakan, tenaga kerja dan perbaikan fasilitas yang terkait kerja sama serta pemasaran, katanya.

Sementara IPB akan menyediakan lahan, kandang, ruang belajar dan ruang sekretariat serta penyelenggara pendidikan dan pelatihan.

Bambang mengatakan, dari kerja sama dengan IPB tersebut diharapkan muncul pendamping-pendamping peternak untuk mengawal upaya pemenuhan target swasembada daging.

"Tahun ini kita akan membangkitkan peran peternak sapi lokal, karena target (swasembada daging) 2014 harus dikawal," katanya.

Ia mengakui bahwa selama ini peternak lokal sulit bersaing dengan daging sapi impor karena harga produk impor tersebut lebih murah.

Di samping itu, petani lokal juga belum memiliki teknik beternak yang memadai. "Untuk itulah pentingnya kerja sama kita dengan IPB ini," kata Bambang.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama antara Koperasi FPSI dan Fakultas Peternakan IPB untuk operasional UP3J.

Sri Haryati

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010