Salah satu platform crowdfunding di Indonesia yang menghubungkan calon donatur dengan calon penerima manfaat melalui donasi daring yakni SharingHappiness berhasil menghimpun donasi senilai Rp88 miliar sejak tahun 2016 hingga saat ini dengan 7.966 kampanye kegiatan dan 279.631 donatur yang tergabung.

"Kami mencatat peningkatan donatur selama pandemi COVID-19 hingga 280.000 orang. Peningkatan jumlah donatur menjadi angin segar bagi masyarakat berdampak pandemi mendapatkan bantuan," kata Direktur Utama SharingHappiness Hamzah Fadri Ulhaq, di Kota Bandung, Selasa.

Ia menuturkan  jumlah donatur dan nilai sumbangan tercatat mengalami kenaikan secara berkala dan pada 2016, pihaknya mencatat angka donasi Rp6,5 miliar dari 7.000 donatur yang digunakan untuk membantu sekitar 85 proyek atau bantuan.

Lalu jumlah donasi kembali bertambah pada 2018 menjadi 68.867 teman berbagi atau donatur dengan Rp43 miliar sumbangan untuk 1.083 proyek.

Hamzah mengatakan penggalangan dana secara online belakangan ini semakin diminati oleh masyarakat karena selain mudah, donasi online juga dianggap telah berhasil menyebarkan kampanye secara efektif dan efisien dengan menggunakan kemajuan teknologi saat ini.


Empat tahun berdiri, SharingHappiness yang diinisiasi oleh Rumah Zakat sebagai sebuah gerakan berbagi diharapkan bisa menggerakkan peranan aktif masyarakat untuk memecahkan permasalahan sosial.

"Dengan kemandirian dan jiwa gotong royong yang dimiliki masyarakat, harapannya akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa berbagi kebahagiaan. Dengan demikian bisa menghadirkan manfaat yang besar untuk perubahan sosial masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan untuk menebarkan manfaat yang lebih luas dan menjaring kolaborasi dengan berbagai mitra yang luas, pada hari ini SharingHappiness bertransfomasi menjadi platform crowdfunding mandiri.

Hal tersebut, kata Hamzah, dilakukan agar bisa berkolaborasi lebih luas dengan berbagai lembaga sosial, komunitas, maupun personal yang akan membuat penggalangan donasi melalui platform Sharinghappiness.com.

“Semoga dengan adanya transformasi ini, SharingHappiness bisa menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan yang lebih luas. Menjadi global crowdfunding dan platform yang bisa berkontribusi dalam kemajuan social empowering,” kata Hamzah.

Baca juga: Donasi Persija tembus Rp310 juta

Baca juga: Pegawai Bank Mandiri Group sisihkan gaji dan THR Rp17 miliar untuk bantuan sosial

Baca juga: Pemkot Bogor dan Yayasan JKL galang donasi HP dan laptop untuk pelajar tak mampu

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020