Wali Kota Bogor Bima Arya mengingatkan jajarannya serta warga Kota Bogor dan sekitarnya untuk mewaspadai adanya bencana hidrometeorologi yakni bencana akibat cuaca buruk.

Bima Arya di Kota Bogor, Selasa, mengatakan saat ini menghadapi musim hujan sehingga potensi adanya bencana hidrometeorologi menjadi lebih besar, seperti bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

Menurut Bima Arya pada Senin (2/11) kemarin terjadi bencana pohon tumbang di empat lokasi di Kota Bogor, yakni di Jalan Ahmad Yani Tanah Sareal, Jalan H Juanda Bogor Tengah, Jalan Dadali Bogor Selatan, serta Kelurahan Pakuan Bogor Selatan.

Akibat pohon tumbang tersebut empat orang yang sedang mengendarai sepeda motor tertimpa dan mengalami luka-luka, serta sebuah mobil rusak di bagian atap tertimpa batang pohon.

"Semua korban akibat pohon tumbang, pembiayaan pengobatanya ditanggung oleh Pemerintah Kota Bogor," katanya.

Bima Arya juga menyebut untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pertamanan melakukan pemangkasan dahan pohon maupun menebang pohon penghijauan yang rapuh dan keropos.

"Ada sekitar 300-an pohon yang didata untuk dipangkas dan ditebang oleh Bidang Pertamanan. Dinas terkait akan keliling Kota Bogor untuk memangkas dan menebang pohon yang rawan tumbang," katanya.

Bima menjelaskan pohon rawan tumbang itu dua kategori, pertama, pohon yang terlihat kokoh dari luar tapi akarnya sudah rapuh keropos.

"Pohon ini sering tumbang ketika ada angin kencang," katanya.

Kedua, pohon yang akarnya kuat tapi dahan dan rantingnya getas, mudah patah. "Pohon kategori ini dahan dan rantingnya mudah patah dan tumbang ketika cuaca buruk," katanya.

Baca juga: Wali Kota Bogor sebut beberapa kategori pohon rawan tumbang

Baca juga: Pohon tumbang di Bogor timpa pesepeda motor

Baca juga: Hujan disertai angin kencang tumbangkan pohon besar timpa empat sepeda motor

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020