Puluhan siswa tingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) mengikuti rangkaian Festival Merah Putih bernama "Akademi Merah Putih" di Pangkalan Udara Atang Senjaya, Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Ini salah satu acara Festival Merah Putih tahun 2020 yang melibatkan generasi milenial dari SMK dan SMA di Kota dan Kabupaten Bogor," ungkap Wakil Ketua Panitia Festival Merah Putih Samsudin di Bogor, Jumat.

Pasalnya, meski kegiatan akademi di lanud tersebut hanya melibatkan puluhan orang, tetapi juga diikuti secara daring oleh sekitar 400 siswa setingkat lainnya.

"Kalau kegiatan 'online' kita memberikan pengetahuan kepada generasi milenial, bagaimana mencintai negeri dan nasionalisme dengan video yang kita ambil dari para tokoh yang ahli sesuai bidanggnya," tutur Samsudin.

Menurutnya, rangkaian Festival Merah Putih kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu, panitia lebih memilih kemah kebangsaan di berbagai lokasi ekstrem sebagai pengisi materi wawasan kebangsaan, kali ini cukup dengan melaksanakan akademi karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Harapan kita mungkin 20 tahun ke depan, siswa-siswi yang ikut pada hari ini bisa menjadi komandan Ats (Lanud Atang Senjaya, red.)," sebutnya.

Komandan Wing 4 Lanud Atang Senjaya, Kolonel Pnb Andy F. Picaulima, menyebutkan bahwa kegiatan Akademi Merah Putih menjadi momentum tersendiri bagi pihaknya untuk memperkenalkan apa yang ada di lingkungan lanud setempat.

"Kita jelaskan di Lanud Ats ini ada tiga satuan besar, dan pemeliharaan skuadron enam dan delapan, serta Basarnas. Kita tunjuk tugasnya seperti apa, dan cara mengendalikan pesawat mengontrol pesawat dan yang lainnya," kata Andy.

Baca juga: Akademi Instagram siarkan edukasi online versi podcast

Baca juga: Indonesia negara pertama jadi peluncuran Akademi Instagram

Baca juga: Akademi Persib Bandung putri terpilih dalam program pengembangan bakat FIFA

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020