Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyerahkan penghargaan kepada atlet berprestasi di SEA Games 2019 Manila, Filipina bertepatan dengan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-70 di Lapangan Plasa Pemerintah Kabupaten Bekasi, Sabtu.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan secara simbolis kepada atlet catur asal Kabupaten Bekasi yang juga pemilik gelar 'Grand Master' wanita termuda di Indonesia Medina Warda Aulia.

Menurut Eka, apresiasi ini merupakan bentuk perhatian serta wujud komitmen pemerintah daerah dalam memajukan prestasi olahraga atlet-atlet Kabupaten Bekasi di kancah internasional.

"Tentunya dengan semangat juang dan kerja keras rekan-rekan di KONI untuk menjadikan atlet binaannya semakin berprestasi di setiap ajang yang diikuti sehingga daerah kita semakin dikenal luas sebagai lumbung atlet berprestasi," katanya.

Dia berharap pemberian penghargaan ini menjadi stimulus bagi para atlet Kabupaten Bekasi untuk lebih berprestasi sekaligus memotivasi atlet-atlet junior dalam meraih prestasi serupa.

"Karena salah satu indikator negara maju juga diukur dari kemajuan olahraganya," kata dia.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan mengatakan penghargaan diberikan kepada delapan atlet binaannya yang meraih medali di SEA Games 2019 di antaranya Vidya Rafika dari cabang menembak dengan torehan dua medali emas.

Kemudian di cabang olahraga catur atas nama Susanto Megaranto serta Medina Warda Aulia yang menyumbang masing-masing satu medali emas. Aflah Fadlan Prawira dari cabang renang dengan dua medali perak dan satu perunggu, dan Halomoan Edwin Binsar dengan torehan satu perak di cabang atletik.

Dua atlet Jujitsu yakni Willy dan Raphael juga turut diganjar penghargaan serupa lewat sumbangan medali perak yang diraih keduanya. Terakhir Nadia Sinaga yang berhasil meraih medali perunggu di cabang olahraga ski air pada nomor wakeboard.

"KONI Kabupaten Bekasi merekomendasikan nama-nama tersebut untuk menerima penghargaan pemerintah daerah sebagai atlet berprestasi lewat sumbangan medalinya pada SEA Games Manila lalu," ungkapnya.

Reza memastikan seluruh atlet berprestasi di ajang multi event mulai dari Pekan Olahraga Daerah (Porda), Pekan Olahraga Nasional (PON), hingga ajang internasional akan mendapatkan penghargaan serupa sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah.

"Kita sudah siapkan bonus bagi atlet kita yang berprestasi bahkan untuk atlet peraih medali PON XX Papua nanti juga sudah kita siapkan," kata dia.

Baca juga: Bogor gandeng atlet panjat tebing kibarkan kain merah putih raksasa

Baca juga: KONI Kabupaten Bekasi minta atlet patuhi protokol kesehatan saat berlatih



 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020