Bandung, 18/11 (ANTARA) - Timnas Jepang U-19 menjadi juara Grup F setelah mengalahkan Australia 3-2 (0-1) pada penyisihan Piala Asia U-19 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa.

Kemenangan Timnas Jepang ditentukan oleh top skorer Nagai Ryo yang mencetak gol pertama Jepang pada menit ke 47 dan gol penentu kemenangan menit ke-89. Satu gol tim "Matahari Terbit" lainnya dicetak oleh Kikuchi Daisuke menit ke-49 melalui tendangan penalti.

Timnas Australia sendiri sempat unggul melalui gol Eli Babalj pada menit ke-42, namun permainan agresif Jepang di awal babak kedua membuyarkan harapan Australia. Thomas Oar sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 menit ke-66, namun tim Negeri Kanguru itu gagal menahan gol ketiga Jepang yang dicetak dari tembakan jarak jauh Nagai Ryo.

Dengan kemenangan itu, Jepang menjadi juara Grup F dengan nilai sempurna 15, hasil lima kali menang tanpa kalah. Sebaliknya Australia harus puas di posisi runner up Grup dengan nilai 10 hasil tiga kali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Para pemain dan official tim Jepang langsung merayakan sukses mereka dengan cara yang simpatik. Nagai Ryo dkk melakukan "victory lap" dengan menyapa penonton di tribun VIP dan timur.

Pertandingan yang dipimpin wasit Lee Min Hu dari Korea itu berlangsung dalam tempo tinggi dan cepat. Kedua tim tampil saling menyerang, meski pada babak pertama Australia lebih banyak menguasai bola.

Pelatih Australia menempatkan satu striker pada babak pertama yakni Eli Babalj, namun gebrakan mampu dilakukan dari sektor sayap melalui Thomas Oar dan Sam Justin.

Beberapa kali gawang Jepang terancam oleh serangan Australia, namun tim Kanguru itu baru mencetak gol menit ke-42, selang semenit setelah turun hujan.

Memasuki babak kedua, Jepang langsung menggebrak. Dua menit 'kick off', striker Nagai Ryo langsung membobol gawang Australia yang dikawal Mark Brigithi.

Belum lagi tuntas koordinasi lini belakang, Ben Katarovski dkk kembali dikejutkan gol kedua dari titik penalti. Gol kedua Jepang itu tercipta ketika Kikuchi Daisuke dijatuhkan di kotak terlarang oleh pemain belakang Australia.

Daisuke yang menjadi algojo sukses melakukan eksekusi melalui dua kali tipuan sebelum melakukan tembakan ke gawang Australia sehingga Jepang balik memimpin 2-1.

Guyuran hujan tak mengurangi tempo permainan kedua tim yang sudah lolos ke babak utama Piala Asia U-19 itu. Australia sendiri nyaris menahan imbang Jepang, namun setelah kedudukan 2-2, Jepang mencuri kesempatan. Tembakan jarak jauh Ryo membuat timnya unggul atas Australia 3-2.

Wasit Lee Min Hu dari Korea mengganjar kertu kuning untuk Steven Peter Lustica (Australia). Kikuchi Daisuke, Nakamura (Jepang).

Duel kedua tim merupakan "klimaks" dari pertandingan penyisihan di Grup F. Meski kalah, tak berpengaruh bagi posisi Australia yang sudah memastikan diri berada di posisi kedua sejak dua hari lalu.

Sebelumnya Australia ditahan imbang tuan rumah Indonesia 0-0.

Susunan Pemain Australia: Mark Brighiti (kiper), Nikola Stanojevic, Dylon Jhon, Sam Justin, Rhyan Bert, Ben Katarovski, Steven Peter. Thomas Oar, Klimen Taseski/Kareem Bulut, Joshua Rees/ Jared Lum, Eli Babalj. Pelatih Van Versleijen.

Jepang, Nakamura Hayato (kiper), Tanaka Masaki, Sakai Gotoku, Kukuchi Daisuke, Shigematsu Kentaro/Takagi, Musaka Mitsunari, Ohgihara Takahiro, Abe Takumi, Kato Masaru, Nagai Ryo, Teraoka Mashahiro/Takahashi Shohei. Pelatih Nuno Koiichiro.***4***

Syarif Abdullah
(T.S033/B/J003/C/J003) 17-11-2009 17:55:41

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009