Bandung, 9/11 (ANTARA) - Timnas Jepang U-19 menang telak atas Cina Taipei 4-0 (3-0) pada pertandingan Piala Asia U-19 Grup F di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu.

Bintang timnas Jepang, Kato Masaru mencetak hattrik pertama di penyisihan Piala Asia U-19 setelah mencetak gol pada menit 2, 39 dan menit ke-47. Gol lainnya dicetak striker Nagai Ryo pada menit ke-30
Pertandingan yang dipimpin wasit Kurbanov Charymurat dari Turkmenistan berlangsung tidak seimbang. Timnas Jepang setingkat di atas Cina Taipei yang nervous pada pertandingan itu.

Gol cepat Kato Masaru ketika pertandingan beru berjalan sekitar dua menit memaksa tim Taipei langsung di bawah tekanan tim negeri Sakura itu yang tampil menekan dari semua lini.

Pergerakan Kato Masaru dan Nagai Ryo cukup merepotkan pertahanan Taipei yang dikawal Lin Tzu Chi dan Fu Yung Chin.

Jepang akhirnya mencetak gol keduanya menit ke 30 melalui tembakan Nagai Ryo yang menerima umpan silang dari sektor kiri pertahana Taipei.

Keperkasaan tim Sakura itu berlanjut dengan mencetak gol ketiga pada menit ke-39 melalui Kato Masaru. Hingga pertandingan babak pertama usai kedudukan 0-3 untuk Jepang.

Memasuki babak kedua, Jepang kembali melakukan gebrakan dengan menetak gol cepat saat pertandingan baru berjalan semenit atau menit ke-47.

Meski unggul 0-4 hingga pertengahan pertandingan, Jepang tak menurunkan tempo permainan. Pergantian pemain dilakukan, Kato Masaru dan Tyo ditarik keluar digantikan oleh Takahasi dan Sumida Takahiko.

Jepang nyaris membobol gawang Taipei menit ke-75, melalui tembakan Takagi Toshiyuki, namun masih bisa diblok kiper Taipei Pan Wen Chieh. Kiper itu sedikitnya tiga kali melakukan penyelamatan gemilang sehingga timnya tak kebobolan lebih banyak.

Hingga pluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 0-4 untuk kemenangan Timnas Jepang.

"Permainan hari ini cukup berat karena menerapkan pola cepat, mereka memberikan perlawanan bagus," kata pelatih Jepang, Nuno Keichiro.

Sementara itu pelatih Cina Taipei, Lin Yi Lung mengaku para pemainnya kurang fokus dan kaget karena itu merupakan pertandingan internasional pertama bagi para pemainnya.

"Pemain gugup karena ini pertandingan pertama bagi pemain. Jepang cukup kuat, namun kami senang karena pemain sudah berupaya maksimal," kata Lin Yi Lung.

Namun demikian, Cina Taipei akan melupakan kekalahan itu dan fokur untuk pertandingan berikutnya.

Susunan Pemain Jepang: Ogino Kenjiro (kiper), Tanaka Masaki, Sakai Gotoku/ Shigematsu Kentaro, Kikuche Daisuke, Musaka Takahiro (k), Ohgihara Takahiro, Kato Masaru/ Takahasia Shohei, Takagi Toshiyuki, Nagai Ryo, Iwata Shuhei. pelatih: Nuno Keichiro.

Cina Taipei: Pan Wen Chieh (kiper), Yang Hui Jie, Fu Yung Chin, Lin Tzu Chi, Lee Jian Liang, Lin Chang Lun, Kao Chun Hung, Chen Hao Wei, Lin Chang Fa/ Tseng Chih Wei., Chen Sung Nan/ Chen Chia Cun, Pan Wen Chieh, Wen Chin Hao/ Weng Wei Pin. Pelatih Lin Yi Lung.***4***

Syarif Abdullah
(T.S033/B/A020/C/A020) 08-11-2009 10:18:46

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009