IPB University yang menjadi salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 di 19 lokasi di Kota dan Kabupaten Bogor, pada 5-14 Juli 2020 dengan diikuti 14.893 peserta.

Rektor IPB University, Arif Satria, mengatakan hal itu melalui pernyataan tertulisnya, di Bogor, Senin (6/7) dan menjelaskan posisi IPB University yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai salah satu pusat UTBK 2020.

Menurut Arif Satria, pelaksanaan UTBK tahun ini agak berbeda dengan pelaksanaan SBMPTN pada tahun sebelumnya. Pelaksanaan UTBK pada tahun ini dilaksanakan dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat, karena saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Arif Satria menjelaskan, UTBK di IPB dilaksanakan pada tahap pertama, pada 5-14 Juli 2020 yang diikuti 14.893 peserta.

Pelaksanaan tes pada masing-masing hari dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi pukul 8:15 WIB hingga 11:15 WIB, serta sesi siang pukul 13:15 WIB hingga 16:15 WIB.

Pada hari pertama pelaksanaan tes yakni pada Minggu (5/7) diikuti sebanyak 2.854 peserta.

Menurut dia, selama 10 hari pelaksanaan tes UTBK secara bertahap dilaksanakan di 19 lokasi di Kota dan Kabupaten Bogor, yakni di Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Cilibende, Kampus IPB Gunung Gede, serta sejumlah Mitra IPB antara lain SMAN 1 Bogor, SMAN 2 Bogor, SMAN 3 Bogor, SMAN 5 Bogor, SMAN 10 Bogor, SMKN 2 Bogor, SMKN 3 Bogor, MAN 2 Bogor, SMKN 1 Cibinong, SMAN 1 Rancabungur, dan SMKN 1 Ciomas.

Pada pelaksanaan tes UTBK hari pertama, Minggu (5/7),  Arif Satria menyempatkan mengunjungi lokasi tes di Kampus IPB Cilibende Kota Bogor. Rektor berharap UTBK bisa berjalan lancar hingga di hari terakhir pelaksanaan.

"Meskipun masih dalam suasana pandemi COVID-19, kita berharap pelaksanaan UTBK berjalan lancar, tertib, dan aman," katanya.

Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan UTBK di IPB University dilakukan sejak peserta tes memasuki lokasi ujian, baik di lingkungan kampus maupun di lokasi mitra yaitu beberapa sekolah di Kota dan Kabupaten Bogor.

Peserta tes diwajibkan memakai masker sejak dari rumah, "face shield" sebelum memasuki lokasi ujian, serta tetap melakukan jaga jarak fisik. Peserta tes juga dianjurkan memakai sarung tangan serta "face shield" selama tes berlangsung. Pusat UTBK-IPB menyediakan sarung tangan plastik untuk peserta UTBK.***3***

Baca juga: Dirjen Dikti tinjau UTBK di Kampus UI Depok

Baca juga: Unpad siapkan tes cepat di tempat saat pelaksanaan UTBK
 

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020