Akademisi bidang periklanan Sylvie Nurfebiaraning Ssos Msi mengatakan kehadiran web series menjadi salah satu bentuk strategi promosi yang efektif sekaligus menjadi hiburan bagi kalangan milenial saat ini.

"Web series tayangnya di media sosial dan pengguna media sosial adalah milenial, jadi selain sebagai bentuk promosi ya ini menjadi hiburan untuk target pasarnya milenial itu," ujar Sylvie di Bandung, Selasa.

Dosen yang mengajar mata kuliah copy writing di Universitas Telkom menilai web series adalah bentuk iklan yang lebih disukai kalangan milenial karena web series menceritakan tentang kehidupan yang lebih natural dan nyata di kalangan milenial.

Sebagai seorang penulis buku "Manajemen Periklanan", Sylvie berpendapat strategi promosi yang paling maksimal adalah penyampaian pesan dengan melakukan pendekatan emosional. Video adalah salah satu bentuk yang optimal dalam melakukan pendekatan emosional.

Menurut Sylvie, web series sendiri adalah sebagai media iklan baru yang menarik dan dapat mencapai tujuan pesan perusahaan.

Awal mula web series adalah sebagai tayangan program drama yang dulu lebih dikenal webipisodes lalu dimanfaatkan sebagai iklan dan berhasil.

Sylvie yang juga pernah bekerja di biro periklanan ini mengatakan bahwa salah satu web series dalam bentuk promosi yang berhasil di Indonesia adalah web series "Sore" dari Tropicana Slim yang tayang tahun 2017.

"Karena mahasiswa bimbingan saya waktu itu meneliti pengaruh iklan web series 'Sore' terhadap brand image Tropicana Slim, dan hasilnya berhasil mengundang ketertarikan lebih dari 80 persen respondennya," ujarnya.


 

Pewarta: Jihan Aulia Grisati

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020