PT Pertamina (Persero) kembali memacu inovasi di era digitalisasi dengan memperluas SPBU layanan mandiri (self service) untuk kendaraan roda dua di wilayah Kabupaten Bandung, yakni SPBU 34.40316 sebagai upaya meningatkan pelayanan kepada konsumen.

Sebelumnya, layanan mandiri telah diterapkan di SPBU 34.40122 Kota Bandung dan selain self service juga sukses berjalan di beberapa SPBU di Tangerang, Jakarta serta SPBU Rest Area KM 57 Karawang.

Pada SPBU 34.40316 yang terletak di Jalan Raya Banjaran, Kecamatan Baleendah ini, konsumen dengan kendaraan roda dua dapat langsung mengisi BBM sendiri dengan mengikuti petunjuk praktis yang telah disediakan.

Unit Manager Communication Relations and CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami, Senin, mengatakan, program layanan mandiri pengisian BBM ini ditujukan untuk mengurangi antrian di SPBU serta mengoptimalkan kinerja operator. Untuk caranya pun, menurut Dewi, cukup mudah.

“Cara pengisiannya juga cukup mudah. Setelah konsumen membayar di loket yang tersedia, konsumen akan dapat struk. Konsumen dapat langsung scan struk di dispenser, dan ini akan mengaktifkan nozzle untuk konsumen melakukan pengisian BBM,” katanya.

Dewi menjelaskan, di tahap uji coba layanan mandiri untuk kendaraan roda dua ini, terdapat dua unit dispenser yang dilengkapi dengan delapan buah nozzle.

“Dalam waktu dekat untuk kendaraan roda empat juga dapat mengisi self service,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan, upaya lain Pertamina dalam digitalisasi SPBU adalah transaksi pembayaran non tunai.

Menurutnya, pembayaran non tunai ini dilakukan baik dengan fasilitas perbankan seperti kartu debit maupun kredit, serta melalui aplikasi MyPertamina yang terintegrasi dengan LinkAja.

Dari 5.735 SPBU Pertamina, kini telah tersedia sekitar 2.260 SPBU yang sudah terkoneksi dengan MyPertamina.

Baca juga: Pertamina sterilisasi lokasi dengan sedot minyak sisa kebakaran

Baca juga: Pertamina: Pasokan BBM di Bandung aman pasca kebakaran pipa

Baca juga: Banjir di Bandung, Pertamina pastikan pasokan BBM dan elpiji lancar

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020