Jakarta (ANTARA) - Untuk pertama kalinya Politeknik Imigrasi (Poltekom) menggelar musyawarah nasional atau Munas yang pertama sejak berdiri 1959, salah satu agenda utamanya adalah pembentukan ikatan alumni yang akan digelar di Jakarta.

"Maksud tujuan kegiatan ini dalam rangka penyusunan program strategis dan menyusun perangkat organisasi IKA Poltekim tujuannya menghimpun, memperkokoh persatuan dan kesatuan alumni berazaskan Pancasila, jiwa korsa yang kekeluargaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika," kata Ketua Panitia Penyelenggara, Maryoto Sumadi dalam acara pembukaan Munas ke-1 IKA Poltekim di Hotel Sultan, Jakarta, Senin malam.

Poltekim merupakan satu-satunya perguruan tinggi penyelenggara pendidikan kedinasan keimigrasian di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM).

Alumni Poltekim adalah para pejabat imigrasi yang telah melalui pendidikan teknis keimigrasian baik D III maupun pendidikan singkat.

Baca juga: Pelayanan dokumen keimigrasian calon haji Sumsel-Babel lancar

"Munas ini juga bertujuan untuk membina hubungan kerja sama dengan lembaga dan instansi terkait dalam mengembangkan menyebarluaskan ilmu keimigrasian secara nasional dan internasional," kata Maryoto.

Hingga saat ini Poltekim telah mencetak lebih dari 3.500 alumni yang tersebar di seluruh Unit Pelayanan Teknis Imigrasi, Kantor Pusat, Kemenkum-HAM, perwakilan RI di luar negeri dan instansi pemerintah lainnya.

Munas pertama IKA Poltekim merupakan agenda penting yaitu penyusunan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi, kode etik dan pemilihan ketua umum serta wakil ketua umum IKA Poltekim.

Sejalan dengan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi, alumni institusi pendidikan pejabat imigrasi Indonesia, mulai dari djawatan imigrasi, akademi imigrasi sampai dengan Poltekim wajib turut serta secara aktif dan bertanggung jawab dalam membangun kualitas pendidikan serta pengembangan ilmu terapan keimigrasian dalam setiap penugasan.

Baca juga: Imigrasi Palembang fasilitasi pemberangkatan 8.509 calon haji

Deklarasi pembentukan ikatan alumni (IKA) Poltekim setelah dilaksanakan pada 25 Januari 2019 oleh Direktur Politeknik Imigrasi dengan persetujuan Menteri Hukum dan HAM RI dan Direktur Jenderal Imigrasi, serta atas nama seluruh alumni pendidikan pejabat imigrasi.

Munas pertama IKA Poltekim ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 29-30 Juli 2019.

Acara utama akan berlangsung Selasa (30/7) besok yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM, Yosanna Laoly, Sekjen Kemenkum-HAM, Bambang Rantam, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Franky Sompie, dan lainnya.

Baca juga: Tim Satgas KBRI Kuala Lumpur bertemu keluarga DJ Rere

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019