Atlet dayung jambi wakili Indonesia di kejuaraan internasional

Atlet dayung jambi wakili Indonesia di kejuaraan internasional

Wali Kota Jambi bersama 22 orang atlet dayung perahu naga Kota Jambi yang mewakili Indonesia pada Kejuaraan Internasional Perahu Naga di Guang Xi, China. (Antara/HO/Ist)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 22 atlet dayung Provinsi Jambi mewakili Indonesia pada kejuaraan internasional lomba perahu naga di Provinsi Guang Xi, China.

“Masyarakat Kota Jambi patut berbangga, sebab atlet dayung Kota Jambi terpilih mewakili Indonesia berlaga di kancah internasional. Dari sekian banyak kabupaten/kota se-Indonesia, Jambi mewakili Indonesia untuk kejuaraan Internasional perahu naga di Provinsi Guang Xi, China,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Menurut Syarif Fasha, dengan berlaganya atlet-atlet dayung Kota Jambi di kancah internasional tersebut menjadikan olahraga dayung sebagai salah satu maskot kota itu. Tim dayung Kota Jambi akan mengikuti laga internasional perahu naga tipe A yang berlangsung 31 Juli-1 Agustus 2019.

Ke-22 orang atlet dayung yang mewakili Indonesia tersebut merupakan atlet terbaik hasil seleksi dari 50 orang atlet dayung berprestasi di Kota Jambi. "Saya berharap atlet dayung kota ini akan memberikan prestasi terbaik pada ajang tersebut, karena mereka tidak hanya membawa nama baik Provinsi Jambi, tetapi juga bangsa Indonesia," kata Syarif Fasha.

Sementara itu, olahraga dayung memang merupakan salah satu olahraga yang sangat di unggulkan oleh Syarif Fasha, bahkan ia memiliki ambisi untuk mengangkat Provinsi Jambi, khususnya Kota Jambi melalui jalur prestasi olahraga dayung.

“Kita ingin, ketika bicara olahraga dayung, ingatan orang itu langsung ke Jambi, karena jambi akan mencetak atlet dayung nasional,” kata Syarif Fasha.

Menurut Syarif Fasha, letak geografis Kota Jambi menjadi alasan yang sangat kuat untuk menjadikan olahraga dayung sebagai olahraga unggulan di kota itu, dimana kota itu dibelah oleh Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Suamatera.

Selain itu, Jambi memiliki Danau Sipin yang dapat dijadikan sebagai lokasi pembinaan dan menempa atlet-atlet dayung kota itu.
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019