Tasikmalaya (ANTARA) - Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menyatakan kreasi seni dari mancanegara diperbolehkan tampil untuk memeriahkan agenda tahunan Tasikmalaya October Festival sebagai rangkaian memperingati hari jadi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Oktober 2019.

"Boleh dari luar untuk ikut dalam acara festival di Tasik (Tasikmalaya)," kata Budi Budiman kepada Antara di Kota Tasikmalaya, Senin.

Ia menuturkan Pemerintah Kota Tasikmalaya setiap ulang tahun selalu melaksanakan Tasikmalaya Festival yang diikuti berbagai kreasi seni daerah dan produk unggulan Tasikmalaya.

Kreasi seni dari luar negeri, kata dia, bisa ikut dalam acara tersebut selama memenuhi kriteria dan disesuaikan dengan adat istiadat lokal Kota Tasikmalaya.

"Boleh asal disesuaikan dengan adat istiadat," katanya.

Ia mengatakan setiap acara festival tahunan tersebut seringkali mengundang kepala daerah dari berbagai kota/kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Bahkan, lanjut dia, Pemerintah Kota Tasikmalaya mengundang perwakilan dari berbagai negara seperti yang sudah dilakukan festival sebelumnya dari Filipina, Thailand, Jerman, Italia, Jepang dan Palestina.

"Mereka datang mengikuti acara, kehadiran mereka kesempatan untuk mempromosikan produk keunggulan kita," katanya.

Pemerintah Kota Tasikmalaya juga siap menghadirkan kreasi seni dan produk unggulan ke acara di luar negeri.

Namun, kata Budi, anggaran untuk mengirim delegasi ke luar negeri tahun ini belum dapat dialokasikan sehingga Pemerintah Kota Tasikmalaya belum dapat memfasilitasinya.

"Rencana ke depan bisa difasilitasi, untuk dialokasikan anggarannya khusus, spesifik ke luar negeri, kalau yang sekarang dalam negeri," katanya.

Baca juga: Festival "Kaulinan Lembur" di Tasikmalaya
Baca juga: Festival Kostum Jepang Digelar di Tasikmalaya

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019