Pemberian bantuan renovasi rumah sehat layak huni dari pemerintah melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Biak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu
Biak (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memberikan bantuan dana renovasi 102 unit rumah milik warga Kabupaten Biak Numfor, Papua, sebesar Rp45.464.000/rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tempat tinggal sehat layak huni, Jumat (26/7).

Penyerahan bantuan renovasi 102 rumah untuk seratusan kepala keluarga tersebar di tiga di wilayah distrik Biak Kota yakni Kampung Inggiri 20 unit rumah, Kampung Sorido 20 unit rumah dan Kelurahan Fandoi 22 unit rumah serta dua kampung distrik Biak Utara antara lain kampung Rosayendi dan Korem masing-masing 20 unit rumah.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Biak Andarias F.Lameky di Biak, Jumat, mengatakan, pemberian bantuan renovasi rumah sehat layak huni dari pemerintah melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Biak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Dengan adanya perbaikan rumah tinggal diharapkan warga di berbagai kampung dapat hidup nyaman bersama keluarga di rumah yang telah direnovasi atas bantuan dana stimulan dari Pemkab Biak Numfor," kata Plh Sekda Andarias Lameky.

Baca juga: Sabu Raijua dapat bantuan dua embung dari Kementerian PUPR

Kepada masyarakat di Biak yang menerima bantuan dana stimulan, menurut Andarias, diharapkan dapat memanfaatkan dengan tepat sehingga dana yang diberikan pemerintah bisa menjawab langsung perbaikan rumah tinggal warga di berbagai kampung.

Secara terpisah, Kadis Perumahan dan Permukiman Biak Simon Rumaropen mengakui, perhatian pemkab Biak Numfor untuk membuat program bantuan perbaikan rumah sangat nyata setiap tahun anggaran.

"Saya harapkan warga Biak Numfor harus mendukung program perbaikan rumah warga, ya ini adalah bentuk kepedulian nyata dari pemerintah daerah dalam menjawab kebutuhan rumah warga di berbagai kampung," kata Kadis Perumahan Simon Rumropen.

Sementara itu, warga Biak penerima manfaat bantuan renovasi rumah JJ Mandibodibo,menyampaikan terima kasih kepada pemkab Biak Numfor karena sudah berkomitmen memperhatikan pemenuhan kebutuhan perbaikan rumah untuk warga kampung.

"Saya sangat bersyukur telah mendapat bantuan pemerintah untuk perbaikan renovasi rumah tempat tinggal, ya adanya bantuan ini sangat menjadi kebanggaan buat keluarga untuk terus dikenang," ujar kepala suku JJ Mandibodibo.

Penyerahan bantuan hibah renovasi rumah bagi 102 keluarga diserahkan Plh Sekda Andarias Lameky, Asisten III Sekda Fery Betay, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Simon Rumaropen, Kepala distrik Biak Kota Agustina Rumbewas serta perwakilan Bank Papua.

Baca juga: Kementerian PUPR bantu bedah rumah warga terdampak tsunami di Lampung
Baca juga: Kementerian PUPR bedah 11.327 rumah di Sumbar pada 2018

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019