Jambi (ANTARA) - Menjelang pelaksanaan Festival Candi Muara Jambi XV/2019 , obyek wisata kreatif Lubuk Penyengat di Desa Baru Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muarojambi akan menggelar "Festival Makan Merewan".

Salah seorang pemuda penggerak wisata di Lubuk Penyengat, Ahmad Misran, Rabu (24/7) menyebutkan kegiatan itu kembali digelar di kawasan itu.

Ia mengatakan, makan merewan adalah salah satu tradisi di Desa Baru yakni makan bersama di lapangan. rencananya digelar di lapangan di kawasan obyek wisata kreatif Lubuk Penyengat yang berjarak sekitar dua kilometer sebelum masuk kawasan Candi Muara Jambi.

Makanan tersebut diantar oleh ibu-ibu di desa itu untuk berkumpul dan bermasyarakat, sekaligus juga untuk menghargai pendatang yang masuk ke desa itu.

"Tradisi ini hampir dilupakan, maka kita hidupkan kembali," kata Misran.

Rencananya kegiatan makan merewan itu akan digelar pada Jumat (26/7) atau sekitar pukul 13.30 WIB atau selepas Shalat Jumat.

Dalam agenda itu akan menampilkan 'sajian pundutan' yang digelar di lapangan. Selain itu beberapa makanan khas desa akan disuguhkan pula seperti ikan pangan sambal mentah, rebusan sayur dan lainnya.

Sementara itu terkait Festival Candi Muara Jambi akan digelar 28 Juli 2019 yang dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai dari Desa Baru dan lokasi wisata Lubuk Penyengat dan finish di Kompleks Percandian Muara Jambi.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019