Nigeria finis ketiga usai tundukkan Tunisia

Nigeria finis ketiga usai tundukkan Tunisia

Penyerang tim nasional Nigeria Odion Ighalo merayakan golnya ke gawang Tunisia dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Afrika 2019 di Stadion Al Salam, Kairo, Mesir, Rabu (17/7/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Khaled Desouki)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Nigeria finis menduduki urutan ketiga Piala Afrika 2019 usai menundukkan Tunisia 1-0 dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Al Salam, Kairo, Mesir, Kamis dini hari WIB.

Penyerang Odion Ighalo jadi pencetak gol semata wayang kemenangan Nigeria tersebut sekaligus menempatkannya di daftar teratas top skor Piala Afrika 2019 sementara dengan raihan lima gol, demikian catatan laman resmi turnamen.

Sebaliknya, Tunisia berakhir sebagai peringkat keempat turnamen, sebuah hasil positif mengingat penampilan kurang meyakinkan dalam fase penyisihan grup.

Juara Piala Afrika 2019 baru akan ditentukan dalam partai final antara Senegal kontra Aljazair yang digelar di Stadion Internasional Kairo, Sabtu (20/6) dini hari WIB.

Baca juga: Fans Mesir pilih asal bukan Aljazair

Laga baru berjalan tiga menit ketika Nigeria berhasil membuka keunggulan lewat Ighalo, yang mencetak gol kelimanya sepanjang putaran final Piala Afrika 2019.

Bek Jamilo Collins menyisir sisi sayap kiri sebelum melepaskan umpan tarik yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Mouz Ben Cherifia serta bek Yassine Meriah, dan bola memantul di hadapan Ighalo yang berdiri bebas untuk menceploskannya ke dalam gawang.

Gol itu membuat Tunisia berusaha keras untuk membombardir pertahanan Nigeria, namun tendangan Ferjani Sassi dari luar kotak penalti pada menit ke-14 masih melenceng tipis di sisi gawang.

Kedua tim lantas bermain kian terbuka pada sisa waktu babak pertama, namun tak ada gol tambahan hingga turun minum.

Ironisnya, baik Nigeria maupun Tunisia harus rela kehilangan ujung tombak serangan mereka pada menit-menit akhir babak pertama.

Ighalo tak lagi berkesempatan mencetak gol tambahan di Piala Afrika 2019 usai meninggalkan lapangan sembari memegangi paha kirinya digantikan Victor Omsihen, sesaat setelah penyerang Tunisia Taha Yassine Khenissi ditarik keluar juga karena cedera digantikan oleh Firas Chaouat.

Baca juga: Belmadi ajak Afrika percayai pelatih lokal

Memasuki babak kedua, Tunisia mencoba untuk memberikan terapi kejut serupa yang mereka rasakan pada awal babak pertama terhadap Nigeria. Sayangnya umpan terobosan manis dari Wahbi Khazri gagal diselesaikan dengan baik oleh Chaouat kendati ia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Francis Uzoho.

Tunisia kembali memperoleh peluang lewat tembakan spekulasi Anice Badri pada menit ke-57 namun masih tepat mengarah ke pelukan Uzoho, lantas enam menit kemudian giliran kesempatan Nigeria menambah keunggulan melalui tendangan jarak jauh Samul Chukwueze dimentahkan Cherifia.

Kerja keras Tunisia tak kunjung membuahkan hasil hingga waktu pertandingan yang tersisa hanya sedikit, termasuk ketika tembakan Chaouat berhasil dihalau dengan baik oleh William Troost-Ekong.

Sebaliknya, Cherifia juga dipaksa bekerja keras untuk menghalau dua eksekusi tendangan bebas nan terarah dari pemain pengganti Samuel Kalu pada menit pertama masa injury time dan dua menit berselang.

Skor 1-0 tak berubah dan Pasukan Elang Super yang dihuni segudang talenta muda berakhir sebagai peringkat ketiga Piala Afrika 2019.

Baca juga: Kamerun pecat duet Belanda Seedorf-Kluivert

Susunan pemain:

Tunisia (4-3-3): Mouz Ben Cherifia; Mohamed Drager, Nassim Hnid (Rami Bedoui), Yassine Meriah, Oussama Haddadi; Ghailene Chaalali, Ellyes Skhiri, Ferjani Sassi; Anice Badri (Naim Sliti), Taha Yassine Khenissi (Firas Chaouat), Wahbi Khazri
Pelatih: Alain Giresse

Nigeria (4-2-3-1): Francis Uzoho; Ola Aina, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo, Jamilu Collins; Peter Etobo, Wilfred Ndidi; Samuel Chukwueze (Samuel Kalu), Alex Iwobi, Ahmed Musa (Moses Simon); Odion Ighalo (Victor Osimhen)
Pelatih: Gernot Rohr
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019