Pangkalpinang (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantapkan pemberangkatan 1.249 orang calon haji menuju Embarkasi Palembang, Provinsi Sumatera Selatan yang akan digelar di Gedung Asrama Haji Babel pada Jumat (12/7).

"Kami sudah menyediakan 40 ruang baru dan fasilitas lainnya untuk menampung keberangkatan jamaah calon haji ini," kata Kasi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Ruslan di Pangkalpinang, Kamis.

Selain itu, Kemenag juga sudah melakukan berbagai persiapan menjelang pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj), mulai dari menggelar rapat bersama lintas sektoral, menyiapkan Surat Keputusan (SK) seksi acara hingga penyambutan tamu.

"Meski ruang baru itu belum bisa untuk menginap, namun kita dapat menggunakannya untuk menampung  jamaah Embarkasi Palembang," ujarnya.

Menurut dia fasilitas lain di asrama haji yang dapat dimanfaatkan  jamaah adalah mushola yang dapat menampung 200 orang, fasilitas kesehatan yang berada di Aula asrama.

"Fasilitas di asrama haji sudah lengkap. Dan persiapan keberangkatan jamaah calon haji sudah 90 persen. Semoga keberangkatan jamaah nanti berjalan lancar," ujarnya.

Ia menambahkan pemberangkatan calhaj Babel dibagi tiga kloter dan akan diberangkatkan secara bertahap. Pemberangkatan kloter 7 sebanyak 444 orang akan dilakukan pada Jumat (12/7), kloter 8 sebanyak 444 orang pada Sabtu (13/7) dan kloter sembilan ada 361 pada Minggu (14/7).

"Mudah-mudahan dengan dimantapkannya persiapan pemberangkatan calhaj ini dapat memberikan rasa aman, nyaman dan tertib jamaah selama proses keberangkatan tamu-tamu Allah SWT itu ke Arab Saudi," katanya. ***3***

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019