Nablus, Palestina (ANTARA) - Pasukan Israel pada Rabu menyita satu truk sampah milik Dewan Desa Beit Fourik di bagian utara Tepi Barat Sungai Jordan, kata seorang pejabat desa.

Ata Samara, Inspektur Kesehatan Dewan Desa Beit Fourik, mengatakan kepada WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu-- tentara Israel menyita satu mobil dan truk sampah itu ketika mereka dalam perjalanan ke tempat pembuangan akhir di sebelah timur desa tersebut untuk membuang sampah sebagaimana dilaporkan setiap hari.

Ia menyatakan tentara Israel menahan pengemudi kedua kendaraan itu dan seorang pegawai lagi.

Baca juga: Israel kerahkan lebih banyak pasukan setelah Trump akui Yerusalem

Samara mengatakan tempat pembuangan akhir sampai berada di Area B di Tepi Barat, yang dikelola oleh Pemerintah Otonomi Palestina tapi berada di bawah kekuasaan militer Israel. Ia menambahkan Dewan Desa tersebut tidak diberitahu oleh militer --yang melarangnya membuat sampah desa di daerah itu, yang menjadi satu-satunya tempat pembuangan akhir sampah yang digunakan oleh desa tersebut.

Ia mengatakan penyitaan truk dan mobil itu adalah bagian dari upaya militer Israel untuk membuat hidup jadi sulit bagi orang Palestina di desa tersebut.

Baca juga: Azzoun-kota Palestina yang hadapi hukuman kolektif militer Israel
Baca juga: Israel cegat kapal aktivis yang menuju Gaza


Sumber: WAFA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019