Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 102 SMP swasta di Kota Tangerang, Banten mengikuti Program Biaya Operasional Pendidikan (BOP) berupa bantuan iuran sekolah siswa sehingga siswa tak perlu lagi membayar SPP setiap bulan, sebab sudah dibayarkan oleh pemerintah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamalludin di Tangerang Sabtu menjelaskan, sejak ajaran baru 2017/2018, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan telah menggulirkan program BOP untuk SMP swasta. Pada tahun awal, ada 96 SMP swasta yang masuk dalam program tersebut.

Sehingga, tak ada alasan anak-anak tak bersekolah karena biaya juga bayaran SPP yang terlambat, sebab Pemkot melalui kebijakannya melakukan pembayaran ke sekolah sesuai dengan jumlah siswa yang ada.

Kehadirannya tak lain sebagai upaya meringankan beban wali murid dan menjamin pendidikan bagi anak-anak, yang merupakan wujud dari Program Tangerang Cerdas.

Bertambahnya jumlah sekolah yang ikut dalam program ini adalah guna meringankan beban wali murid dan kepastian sekolah dalam pemasukan keuangan dari program BOP.

Jadi, bagi siswa yang masuk ke  SMP swasta dan telah ikut dalam program BOP maka biaya SPP bulanan tak lagi dibayarkan sebab sudah ditanggung oleh Pemkot Tangerang.

"Jadi, tak usah khawatir bagi yang belum diterima di SMP negeri, masih ada kesempatan di 102 SMP swasta yang disubsidi oleh Pemkot Tangerang," katanya.

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019