Benin cetak sejarah, imbangi Kamerun demi lolos 16 besar

Benin cetak sejarah, imbangi Kamerun demi lolos 16 besar

Bek tim nasional Benin Seidou Baraze meluapkan emosinya usai berhasil menahan imbang Kamerun 0-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup F Piala Afrika 2019 di Stadion Ismailia, Mesir, Selasa (2/7/2019) setempat, yang memastikan kelolosan mereka ke babak 16 besar. (ANTARA/AFP/Ozan Kose)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Benin mencetak sejarah untuk pertama kalinya berhasil lolos fase penyisihan grup Piala Afrika, setelah mengimbangi Kamerun nirgol dalam laga pamungkas Grup F di Stadion Ismailia, Mesir, Rabu dini hari WIB.

Benin mengoleksi tiga poin dan finis peringkat ketiga Grup F, mendampingi Ghana (5) dan Kamerun (5) lolos ke babak 16 besar, demikian catatan laman resmi turnamen.

Tim berjuluk Les Ecureuils alias Pasukan Tupai itu jadi tim ketiga yang lolos sebagai peringkat ketiga fase penyisihan grup, menyusul Guinea dari Grup B serta Republik Demokratik Kongo dari Grup A.

Kelolosan Benin, yang bermodalkan tiga poin dan selisih gol impas, sekaligus membuat Kenya yang menempati peringkat ketiga Grup C dengan koleksi tiga poin dan defisit empat gol dipastikan tersingkir dari Piala Afrika 2019.

Kendati menjalani pertandingan yang timpang dengan 72 persen penguasaan bola dimiliki oleh Kamerun, Benin sukses meredam gelombang serangan yang memang tidak terlalu tajam dari pasukan juara bertahan.

Kamerun sempat memperlihatkan penampilan yang menjanjikan ketika tembakan Ambroise Oyongo membentur tiang gawang pada menit ke-17.

Lantas empat menit kemudian Eric Maxim Choupo-Moting yang menerima bola dari Arnaud Djoum melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti namun masih bisa diamankan kiper Sautrnin Allagbe.

Namun, Kamerun tak lagi bisa melepaskan tembakan tepat sasaran hingga pada menit ke-64 lewat tendangan jarak jauh Karl Toko Ekambi yang kali ini dihalau Allagbe di sudut kanan atas gawang.

Selebihnya, pertandingan hanya menyajikan dominasi tanpa hasil dari Kamerun sementara Benin menjaga erat satu poin agar tak tergelincir dari tangan mereka.

Akibat hasil itu Kamerun cuma lolos sebagai runner-up Grup F karena Ghana menang 2-0 di laga lain kontra Guinea-Bissau.

Benin dipastikan akan menghadapi juara Grup D Maroko di babak 16 besar, sedangkan Kamerun bertemu runner-up Grup B Nigeria.

Baca juga: Ghana tundukkan Guinea-Bissau 2-0, lolos sebagai juara Grup F

Susunan pemain:

Benin (4-1-4-1): Sautrnin Allagbe; Seidou Baraze, Khaled Adenon, Olivier Verdon, David Kiki; Jordan Adeoti; Jodel Dossou (Cebio Soukou), Stephane Sessegnon, Mama Seibou, David Djigla (Mickael Pote); Steve Mounie
Pelatih: Michel Dussuyer

Kamerun (4-3-1-2): Andre Onana; Collins Fai (Clinton N'Jie), Michael Ngadeu-Ngadjui, Banana Yaya, Ambroise Oyongo; Andre-Frank Zambo Anguissa, Pierre Kunde, Arnaud Djoum (Olivier Boumal); Eric Maxim Choupo-Moting; Stephane Bahoken, Karl Toko Ekambi (Christian Bassogog)
Pelatih: Clarence Seedorf
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019