Pulau Biak dikenal memiliki kekayaan berbagai potensi seni budaya asli daerah serta mempunyai keindahan alam laut yang alami
Biak (ANTARA) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berharap pelaksanaan even festival budaya Biak Munara Wampasi VII (BMW) yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua berlangsung 1-6 Juli 2019 dapat menarik jumlah kunjungan turis mancanegara dan wisatawan nusantara dari berbagai daerah Indonesia.

"Pembukaan festival BMW VII menjadi salah satu ajang promosi destinasi pariwisata Kabupaten Biak Numfor, karena itu Kementerian Pariwisata sangat mendukung kegiatan ini yang sudah masuk 100 calender of event pesona Indonesia," ungkap Koordinator Calender of Event pariwisata wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat Aria Roseno pada pembukaan Festival BMW di Biak, Senin.

Ia mengajak, jajaran Pemkab Biak Numfor, pelaku usaha pariwisata serta masyarakat adat untuk bersinergi mendukung program pariwisata yang diprogramkan melalui ajang Festival BMW VII 1-6 Juli 2019.

Aria juga mengharapkan, dinas pariwisata untuk gencar mensosialisasikan penyelenggaraan Festival BMW VII di Kabupaten Biak Numfor supaya menarik banyak kunjungan wisatawan ke Pulau Biak.

"Pulau Biak dikenal memiliki kekayaan berbagai potensi seni budaya asli daerah serta mempunyai keindahan alam laut yang alami sehingga perlu digalakkan promosinya dalam menarik kunjungan wisatawan ke daerah,"harap Aria Roseno.

Dia berharap, ke depan pelaksanaan Festival BMW dengan berbagai kegiatan seni dan budaya asli adat Biak diharapkan makin menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Pembukaan Festival BMW VII dipusatkan di lapangan atletik Cendrawasih mengelar berbagai kegiatan budaya diantaranya Snapmor (menangkap ikan tradisional di air laut surut), apen beyeren (berjalan kaki di atas batu panas).

Serta lomba perahu tradisional Wai Ron da Wai Mansusu, parade tarian wor, lomba mancing, pameran, musik harmoni, kuliner makanan khas Biak, lomba foto menyelam bawah laut, lomba fotografi dan wisata di kepulauan Padaido.

Baca juga: Bank Papua bantu penyelenggaraan festival BMW Rp114 juta
Baca juga: Lomba mancing festival BMW sediakan hadiah perahu fiberunt
Baca juga: Dispar Biak gandeng Garuda Indonesia promosikan Festival BMW


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019