Jakarta (ANTARA) - Meksiko mengamankan langkah ke semifinal Piala Emas 2019 setelah menang adu penalti 5-4 atas Kosta Rika, dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion NRG, Houston, AS pada Minggu siang WIB.

Pemenang pertandingan ini harus ditentukan melalui adu penalti setelah pertandingan dalam waktu normal ditambah perpanjangan waktu hanya menghasilkan skor 1-1, demikian catatan pertandingan di laman resmi turnamen.

El Tri berupaya menekan sejak awal permainan, pada menit kelima Jonathan dos Santos mencoba melepaskan sepakan jarak jauh yang masih dapat ditepis kiper Leonel Moreira.

Gelandang Kosta Rika Celso Borges bekerja keras menahan gempuran Meksiko sekaligus menjadi dirijen permainan timnya. Ia sempat memblok umpan silang pemain Meksiko dengan wajahnya, dan pada menit ke-17 harus mendapat perawatan karena hantaman bola tersebut.

Kerap ditekan, Kosta Rika berusaha memecah kebuntuan pada menit ke-38. Mayron George bergerak cepat di sisi kiri dan melewati Carlos Salcedo. Ia melepaskan tembakan yang melewati mulut gawang yang tidak tepat sasaran, namun mengejar kembali bola yang mengarah ke George. Ia kemudian mengirimkan bola kepada Borges, namun sepakan gelandang itu membentur mistar gawang.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-44 saat Raul Jimenez membawa Meksiko unggul. Meksiko menggebrak dengan Rodolfo Pizarro yang menyodorkan bola kepada Jimenez di kotak penalti, ia kemudian menaklukkan Moreira setelah tembakan sebelumnya dapat diblok.

Lima menit babak kedua bergulir, wasit memberikan hadiah penalti kepada Kosta Rika. Luis Rodriguez dinilai melakukan pelanggaran terhadap Joel Campbell di dalam kotak terlarang. Bryan Ruiz yang menjadi eksekutor sukses menaklukkan kiper Guillermo Ochoa untuk menyamakan kedudukan.

Jimenez berusaha segera mengembalikan keunggulan Meksiko dengan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun sepakannya masih dapat digagalkan Moreira. Peluang lain didapat Rodriguez namun sepakannya terlalu melebar.

Sepanjang babak kedua, Meksiko yang sempat unggul berupaya menggempur gawang Kosta Rika melalui serangan dari berbagai sisi dan bola-bola mati, namun tidak ada gol tercipta sampai waktu normal usai.

Situasi serupa terjadi sepanjang perpanjangan waktu. Meksiko yang lebih banyak memiliki peluang tidak mampu mencetak gol tambahan, sedangkan Kosta Rika juga memiliki peluang bagus melalui Jonathan McDonald yang tembakan mendatarnya dapat digagalkan Ochoa pada menit ke-108. Skor imbang 1-1 yang berlanjut sampai menit ke-120 sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Kiper Ochoa menjadi pahlawan Meksiko saat adu penalti. Jimenez menjadi penendang pertama Meksiko namun gagal memasukkan bola. Sayangnya algojo Kosta Rika Randall Leal juga gagal memasukkan bola, sebelum Ochoa menggagalkan eksekusi Keysher Fuller dan memastikan Meksiko melaju ke semifinal.

Susunan pemain:

Kosta Rika (4-5-1): Leonel Moreira, Keysher Fuller, Oscar Duarte, Kendall Waston, Bryan Oviedo (Francisco Calvo 99'), Joel Campbell (Cristian Gamboa 102'), Randall Leal, Allan Cruz, Celso Borges, Bryan Ruiz (Elias Aguilar 111'), Mayron George (Jonathan McDonald 72').

Meksiko (4-3-3): Guillermo Ochoa, Luis Rodriguez, Nestor Araujo (Hector Moreno 106'), Carlos Salcedo, Jesus Gallardo, Jonathan dos Santos (Luis Montes 90'), Andres Guardado (Carlos Rodriguez 84') , Edson Alvarez, Carlos Antuna (Roberto Alvarado 85'), Rodolfo Pizarro, Raul Jimenez.

Baca juga: Haiti singkirkan Kanada untuk melaju ke semifinal Piala Emas
Baca juga: Meksiko kalahkan Martinique untuk capai perempat final Piala Emas

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019