Jika pelaksanaan pekerjaan dimulai Juli 2019, maka ditargetkan selesai pada Juni 2020.
Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk kembali mendapatkan kepercayaan untuk menggarap proyek pengembangan Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya senilai Rp685,5 miliar.

President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk. I Gusti Ngurah Putra dalam siaran pers di Jakarta, Jumat, menjelaskan proyek tersebut yang meliputi pembangunan terminal baru seluas 30.000 meter persegi di sebelah utara Terminal 1 eksisting.

Proyek itu juga meliputi renovasi terminal eksisting seluas 60.000 meter persegi termasuk perluasan koridor airside serta perluasan lahan parkir dan beautifikasi toll gate.

"Proyek ini digarap sendiri oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dengan dibantu oleh beberapa subkontraktor spesialis seperti Konstruksi Baja, Plafond Metal, Baggage Handling System, Travelator, dan Elektronika Bandara," katanya.
Baca juga: Rekind-Waskita Karya bersinergi kembangkan proyek infrastruktur global

Ada pun lelang dilaksanakan secara terbatas, di mana hanya kontraktor yang terdaftar di dalam VMS PT Angkasa Pura I dan memenuhi kualifikasi yang diundang. Sementara pelaksanaan proyek ditargetkan selesai dalam 12 bulan.

"Jika pelaksanaan pekerjaan dimulai Juli 2019, maka ditargetkan selesai pada Juni 2020," ujarnya.

Perluasan Terminal 1 Bandara Juanda akan difungsikan untuk terminal umroh guna menyediakan fasilitas yang lebih nyaman kepada jamaah serta menambah kapasitas jumlah penumpang yang sudah mencapai 15 juta pax/tahun.
Baca juga: Bandara Juanda layani 775.211 penumpang selama Lebaran

Sedangkan renovasi Terminal 1 berfungsi untuk mengumpulkan terminal keberangkatan di sisi kiri dan terminal kedatangan di sisi kanan, serta meremajakan tampilan interior.

Renovasi juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara sehingga diharapkan bisa mengantisipasi proyeksi peningkatan jumlah penumpang di tahun mendatang.

Meski menjalani renovasi, operasional bandara tetap bisa berjalan seperti biasa.

Baca juga: Hyundai gandeng Waskita garap bisnis konstruksi di Indonesia
Baca juga: Waskita berangkatkan gratis 2.300 pemudik Lebaran 2019

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019