Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kamerun mengawali langkah mereka mempertahankan gelar Piala Afrika dengan menundukkan Guinea-Bissau 2-0 di laga penyisihan Grup F di Stadion Ismailia, Mesir, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan itu diraih berkat dua gol yang mereka cetak dalam rentang waktu empat menit di babak kedua oleh Banana Yaya dan Stephane Bahoken, demikian catatan laman resmi turnamen.

Hasil itu menjadi tiga poin perdana Kamerun yang sementara ini berada di puncak klasemen Grup F, sedangkan Guinea-Bissau sebagai juru kunci.

Baca juga: Seedorf optimistis konsentrasi Kamerun terjaga usai perselisihan bonus

Tim besutan Clarence Seedorf itu tampil percaya diri, tak terlihat seperti baru saja mengalami perselisihan soal uang bonus dengan federasi mereka.

Kendati demikian peluang tepat sasaran pertama Kamerun lewat tandukan bek Michael Ngadeu-Ngadjui menyambut bola sepak pojok Christian Bassogog, namun peluang itu berhasil diamankan kiper Jonas Mendes.

Guinea-Bissau lantas berusaha keluar dari tekanan, namun tiga peluang beruntun yang mereka miliki lewat Sori Mane, Frederic Mendy dan Juary Soares selalu melenceng dari sasaran.

Situasi bola mati seolah berusaha dimanfaatkan dengan optimal oleh Kamerun, termasuk ketika Bassogog melepaskan tendangan bebas yang berhasil disambut baik sundulan Josykim Dawa namun kali ini bek Rudinilson Silva sigap menghalau bola pada menit ke-35.

Baca juga: Kamerun harus tunjukkan pantas sandang status favorit

Usai turun minum, Kamerun tetap mengendalikan permainan hingga akhirnya situasi sepak pojok berhasil berbuah gol pada menit ke-66.

Umpan silang Karl Toko Ekambi berhasil disambut sundulan jarak dekat Yaya yang menaklukkan Mendes untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk Kamerun.

Tiga menit kemudian, Kamerun langsung menggandakan keunggulan ketika Bahoken berhasil memperoleh bola di tengah kotak penalti dan sukses memperdaya Mendes.

Guinea-Bissau sempat berusaha membalas namun tandukan Piqueti Djagal menyambut umpan silang Eliseu Nadjack pada menit ke-73 masih membentur tiang gawang dan sambaran Frederic Mendy atas bola muntah juga berhasil diamankan kiper Andre Onana.

Kemenangan itu jadi modal penting bagi Kamerun untuk melakoni laga kedua menghadapi Ghana pada Minggu (30/6) dini hari WIB, sedangkan Guinea-Bissau kini dihadapkan misi wajib menang melawan Benin jika ingin menjaga asa melangkah ke babak selanjutnya.

Baca juga: Kodjia membuat Pantai Gading rontokkan Afsel 1-0

Baca juga: Mali awali perjalanan dengan gasak Mauritania 4-1


Susunan pemain:

Kamerun (4-3-3): Andre Onana; Joyskim Dawa, Banana Yaya, Michael Ngadeu-Ngadjui, Ambroise Oyongo; Andre-Frank Zambo Anguissa, Georges Mandjeck, Arnaud Djoum (Stephane Bahoken); Christian Bassogog, Eric Maxim Choupo-Moting (Olivier Boumal), Karl Toko Ekambi (Clinton N'Jie)
Pelatih: Clarence Seedorf

Guinea-Bissau (4-3-3): Jonas Mendes; Eliseu Nadjack, Rudinilson SIlva, Juary Soares, Mamadou Cande; Zezinho Djafal, Sori Mane, Pele; Toni Silva (Mama Balde), Frederic Mendy (Joseph Mendes), Piqueti Djassi (Jorginho)
Pelatih: Baciro Cande

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019