Tanjungpinang (ANTARA) - Kantor Perwakilan United Nations High Commissioner for Refugees 9UNHCR) Provinsi Kepulauan Riau menyatakan bahwa Australia telah menutup pintu bagi para pengungsi sehingga para pencari suaka itu tertahan di Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan UNHCR Kepri Frangky Lukitama dalam Focus Grup Discussion yang diselenggarakan Forum Masyarakat Peduli Kepri di aula Asrama Haji Tanjungpinang, Selasa, mengatakan, para pengungsi tidak mendapat kepastian sampai kapan tinggal di Batam akibat kebijakan Pemerintah Australia tersebut.

Padahal Australia merupakan salah satu negara yang menandatangani Konvensi Jenewa 1951.

"Jika ada yang bertanya sampai kapan para pencari suaka itu tinggal di Hotel Badra yang merupakan Community House, jawabannya ya tidak tahu," ujarnya.

Frangky menjelaskan negara tujuan para pengungsi bukan Indonesia, melainkan Australia. Para pengungsi ke Indonesia lantaran wilayah timur Indonesia berbatasan dengan Australia.

Batas waktu para pengungsi berada di Indonesia tidak dipatok. Para pengungsi ada yang sudah 1-5 tahun berada di Pulau Bintan. "Bahkan ada yang sudah 10 tahun di Tanjungpinang," katanya.

Cara lain yang dilakukan, yakni memulangkan para pengungsi tersebut ke negara asalnya, diantaranya berasal dari Afghanistan. Namun itu sulit dilakukan, karena mereka kebanyakan menolak.

"Untuk memulangkan ke negaranya harus dipastikan negaranya dalam kondisi aman," katanya.

Narasumber lainnya, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM Kepri Ahmad Firmansyah, mengatakan, Pemerintah Indonesia memiliki kewajiban untuk melindungi para pengungsi dengan alasan kemanusiaan.

"Ada landasan hukum yang merupakan turunan dari konstitusi sebagai alasan Indonesia melindungi para imigran," ujarnya.

Ahmad mengatakan tidak semua warga asing yang ditangani Imigrasi itu berstatus sebagai pengungsi dan pencari suaka.

Warga asing yang melakukan kejahatan di negaranya, seperti korupsi, tidak dapat dilindungi Pemerintah Indonesia.

"Jika ada, kemudian ditangkap, pasti dideportasi ke negaranya," katanya.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Tanjungpinang Muhamad Yani Firdaus mengatakan jumlah pengungsi di Kepri mencapai 988 orang, sebanyak 455 orang tinggal di Hotel Badra, Bintan.

Jumlah pengungsi di Indonesia 13.500 orang. Di Kepri jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding wilayah lain.

"Jumlah pengungsi yang ada di Indonesia lebih sedikit dibanding negara lain, contohnya di Malaysia mencapai 1 juta orang," ucapnya.

Baca juga: Sekeluarga pengungsi Iran pulang dengan sukarela dari Indonesia

Baca juga: Rudenim Pekanbaru mulai tertibkan penampungan pengungsi rawan konflik

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019