Komunitas ajak saksikan kontes ikan arwana di Kapuas Hulu

Komunitas ajak saksikan kontes ikan arwana di Kapuas Hulu

Ikan Arwana super red asal Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang sudah mendunia. (Foto Istimewa)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Komunitas pencinta arwana Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan menyelenggarakan kontes ikan arwana jenis super red yang dipusatkan di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu pada 6 - 8 Juli 2019.
 
"Kontes arwana itu akan kami laksanakan di Indoor Volley Putussibau dalam rangka HUT Ke-124 Kota Putussibau," kata Ketua Kompai Kapuas Hulu, H Junaidi, di Putussibau, Minggu.
 
Junaidi mengatakan, untuk pendaftaran peserta sudah dibuka 10 - 30 Juni 2019, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp1,5 juta, hadiah pemenangnya mencapai jutaan rupiah.
 
Sedangkan untuk kategori yang dikonteskan yaitu Smal ukuran 25 - 30 Cm, Medium ukuran 31 - 40 Cm, Large ukuran 41 - 50 Cm dan Short Body berukuran bebas serta kategori arwana super red unik.
 
"Saat ini kami sudah menyiapkan 80 aquarium, kalau memang pesertanya cukup banyak maka akan kami tambah," jelas Junaidi.
 
Wakil Ketua Asosiasi Penangkaran dan Penjual Siluk Indonesia, Agus menyatakan kontes dilaksanakan di Kapuas Hulu yang merupakan daerah spesies berbagai jenis ikan arwana.
 
"Kontes harus sering dilaksanakan, selain ajang promosi potensi daerah juga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi atas penangkaran ikan arwana," kata Agus.
 
Agus mengatakan rata - rata masyarakat di Kapuas Hulu sudah memiliki penangkaran ikan arwana bahkan sudah menjadi mata pencaharian dalam memenuhi kebutuhan hidup.
 
" Ikan arwana super red itukan memang berasal dari Kapuas Hulu, jangan sampai nanti justru Kapuas Hulu kalah oleh daerah lain, makanya kami sangat mendukung kegiatan kontes itu," ucap Agus.Baca juga: BKSDA Kalbar kembalikan 3.505 ikan arwana irian ke Merauke
Baca juga: Ikan Arwana Kapuas Hulu terjual senilai Rp875 juta di China
Baca juga: Sepuluh Arwana Super Red dikembalikan ke habitat aslinya
Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019