JAKARTA (ANTARA) - Mesir membuka penampilan mereka di Piala Afrika 2019 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Zimbabwe dalam pertandingan Grup A yang dimainkan di Stadion Internasional Kairo, Mesir, pada Sabtu dini hari WIB.

Gol semata wayang di laga ini dibukukan oleh Mahmoud Ahmed Ibrahim Hassan, yang populer dengan julukan Trezeguet, pada menit ke-41, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Dengan hasil ini, Mesir memuncaki klasemen grup dengan koleksi tiga poin. Sedangkan Zimbabwe terduduk di dasar klasemen dengan nol poin.

Tim juara Afrika tujuh kali, Mesir, menggebrak sejak awal pertandingan. Namun mereka baru mampu memecah kebuntuan melalui gol Trezeguet yang memanfaatkan operan Ayman Ashraf empat menit sebelum babak pertama usai.

Kiper Zimbabwe, Edmore Sibanda, yang pada fase akhir laga terpaksa digantikan Elvis Chipezeze karena cedera, melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk mencegah tuan rumah menang dengan marjin yang lebih besar.

Upaya bintang Mesir Mohamed Salah digagalkan Sibanda pada pertengahan babak kedua, namun meski tidak mampu menambah koleksi gol, Mesir sudah cukup nyaman dengan keberhasilan mengoleksi tiga poin.

Salah terlibat dalam dua peluang milik Mesir pada fase awal laga, ketika umpan silangnya yang terdefleksi memaksa Sibanda melakukan penyelamatan. Sang kiper kembali bekerja keras untuk menggagalkan peluang Marwan Mohsen dari tendangan sudut yang dihasilkan.

Mahmoud Alaa semestinya dapat memaksimalkan tendangan sudut kiriman Salah, dan Mesir hampir kemasukan ketika Khama Billiat dapat menembus kotak penalti mereka, namun kiper Mohamed El Shenawy mampu melakukan penyelamatan brilian.

Mesir baru mampu mencetak gol menjelang turun minum, ketika Trezeguet bergerak memotong dari sisi kiri dan melepaskan sepakan ke sudut bawah gawang.

Trezeguet terlihat akan mencetak gol keduanya malam ini pada awal babak kedua, namun Sibanda mampu mencegah gawangnya kembali kemasukan.

Penampilan impresif Sibanda berlanjut pada menit ke-67, ketika sang kiper bereaksi cepat untuk menggagalkan upaya Salah dari jarak dekat.

Sang kiper akhirnya terpaksa digantikan pada menit ke-80, namun penggantinya Chipezeze mampu menjawab kepercayaan yang diberikan dengan menggagalkan Salah menggandakan keunggulan Mesir pada fase akhir pertandingan.
Susunan pemain;
Mesir (4-3-3): Mohamed El Shenawy, Ayman Aashraf, Ahmed Hegazi, Mahmoud Alaa, Ahmed El Mohamady, Mohamed Elneny, Tarek Hamed, Trezeguet (Nabil Dunga 81'), Abdalla El Said (Amr Warda 72'), Mohamed Salah, Marwan Mohsen (Walid Soliman 60')

Zimbabwe (4-3-3): Edmore Sibanda (Elvis Chipezeze 80'), Tendayi Darikwa, Alex Mudimu, Teenage Hadebe, Devine Lunga, Ovidy Obvius Karuru, Marvelous Nakamba, Marshall Munetsi, Knowledge Musona (Talent Chawapiwa 85'), Nyasha Mushekwi (Evans Rusike 81'), Khama Billiat.

Baca juga: Mesir optimistis kalahkan Zimbabwe
Baca juga: Naby Keita siap turun membela Guinea

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019