Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyelesaikan pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 kilometer yang dinilai akan meningkatkan konektivitas serta mempercepat pengembangan ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan pembangunan infrastruktur seperti jembatan, jalan layang dan terowongan akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian.

"Jembatan perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota," kata Menteri Basuki.

Kehadiran Jembatan Teluk Kendari juga dinilai akan memberikan manfaat bagi pengembangan bagian selatan Kota Kendari yakni daerah Poasia dan Pulau Bungkutoko yang akan dikembangkan menjadi kawasan permukiman, kawasan industri dan pelabuhan Kendari New Port.

Selain itu, pembangunan Jembatan Teluk Kendari tersebut juga ke depannya bakal meningkatkan konektivitas jalan nasional dan jalan lingkar luar Kota Kendari.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Sultra Yohanis Tulak Todingrara mengatakan dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

"Progres pembangunan Jembatan Teluk Kendari mencapai 52 persen dengan target selesai Februari tahun 2020," kata Yohanis Tulak.

Pembangunan kawasan pelabuhan di Pulau Bungkutoko menjadi bagian pengembangan Kota Kendari dengan dibangunnya Pelabuhan New Port Bungkutoto (66 hektare) yang merupakan pindahan dari pelabuhan lama di kawasan Kota Lama.

Di samping itu, pelabuhan Bungkutoto juga menjadi pintu masuk bagi komoditi dari dan ke luar Kota Kendari maupun Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain pelabuhan, juga akan dibangun kawasan industri penunjang (26 ha), tracking mangrove (24 ha), terminal antar moda (20 ha), terminal multipurpose (32 ha), dan terminal penumpang (23 ha).

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari dikerjakan oleh perusahaan konsorsium yakni PT. PP dan PT Nindya Karya dengan anggaran mencapai Rp802 miliar dengan kontrak tahun jamak (multiyears) 2015-2020.

"Kehadiran jembatan yang melintasi Teluk Kendari ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat Sultra karena akan mempermudah akses masyarakat yang berada di kawasan Kota Lama dengan Poasia yang dipisahkan oleh teluk," ucapnya.

Selama ini masyarakat harus menyeberangi Teluk Kendari menggunakan kapal ferry atau memutari teluk sejauh 20 kilometer dengan waktu tempuh 30-35 menit. Dengan adanya Jembatan Teluk Kendari maka jarak semakin dekat dan waktu tempuh yang dibutuhkan akan menjadi sekitar 5 menit saja.

Baca juga: Gubernur Sultra: impian bangun jembatan Teluk Kendari terwujud

Baca juga: Pemerintah segera "ground breaking" Jembatan Teluk Kendari

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019