Jakarta (ANTARA) - Upaya Pertamina dalam melayani masyarakat guna memberikan dukungan dalam kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini mendapat apresiasi berbagai kalangan.

Dukungan BUMN energi tersebut yakni seluruh jajaran direksi Pertamina turun ke lapangan untuk mengawasi pelayanan pasokan bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat.

"Sebagai penyedia pasokan BBM, peran Pertamina sangat besar. Karena sekali saja pasokan mengalami kendala, tentu berpengaruh terhadap seluruh kelancaran arus mudik dan balik," kata Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW) Adnan Rarasina di Jakarta, Kamis.

Langkah direksi Pertamina turun ke lapangan, menurut Adnan, membuktikan bahwa perusahaan negara itu memang sepenuhnya mendukung kenyamanan para pemudik.

Keterlibatan langsung para direksi dalam mengawasi pelayanan BBM saat mudik, lanjut dia, juga merupakan bukti profesionalitas BUMN tersebut. Hal itu sesuai dengan tuntutan saat ini bahwa pemimpin tidak bisa hanya duduk di belakang meja, memberi perintah, dan menunggu laporan.

"Pemimpin memang harus turun ke lapangan agar mereka tahu kondisi yang sebenarnya. Makanya, kehadiran Pertamina dan seluruh jajaran direksi memang layak diberi apresiasi," katanya melalui keterangan tertulis.

Senada dengan itu pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengatakan, keterlibatan Pertamina bersama seluruh instansi pemerintah dan kementerian terkait, memang besar dalam menyukseskan pelaksanaan mudik kali ini.

Agus yang juga turut dalam berbagai kunjungan ke lapangan saat mudik mengatakan, semua instansi yang terlibat telah bekerja secara maksimal melayani para pemudik.

Menurut dia, keterlibatan langsung para pejabat terkait itulah, menjadikan pelayanan kepada para pemudik tahun ini lebih baik dibandingkan sebelumnya. "Termasuk Pertamina dalam menyediakan pasokan BBM," lanjutnya.

Dalam mendukung pelaksanaan arus mudik dan balik, jajaran direksi dan pejabat Pertamina selalu turun ke lapangan, misalnya ketika memantau langsung pendistribusian BBM dan LPG dari Terminal BBM melalui video conference dengan seluruh General Manager Region Marketing dan General Manager Refinery Unit seluruh Indonesia.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang meninjau langsung pendistribusoan BBM dari Terminal BBM Jakarta Group. Sementara Direktur Pengolahan Pertamina Budi Santoso Syarif, meninjau pengoperasian Kios Pertamina Siaga dan SPBU Modular di Rest Area Tol Cipali Km 207 A.

Secara bergilir direksi Pertamina juga memimpin koordinasi seperti Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra, Direktur LSCI Gandhi Sriwidodo, bahkan Direktur Pemasaran Retail Mas'ud Khamid pada Lebaran, menyapa dan berlebaran dengan pekerja di TBBM Jakarta Group.

Pewarta: Subagyo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019