392 penumpang KA Mantab Ekstra Lebaran 1-9 Juni

392 penumpang KA Mantab Ekstra Lebaran 1-9 Juni

Wali Kota Madiun Maidi saat memberangkatkan KA Mantab ekstra lebaran relasi Madiun-Pasarsenen, Jakarta PP yang khusus dijalankan oleh PT KAI Daerah Operasi 7 Madiun. KA tersebut dsediakan guna mengantisipasi tingginya minat warga Madiun dan sekitarnya dalam menggunakan moda transportasi kereta api saat masa arus balik Lebaran 2019 tanggal 1-9 Juni. (Istimewa/ Humas Daop Madiun)

Madiun (ANTARA) - Wali Kota Madiun Maidi memberangkatkan sebanyak 392 penumpang KA Madiun Tambahan ekstra lebaran (Mantab) relasi Madiun-Pasarsenen, Jakarta PP yang khusus dijalankan oleh PT KAI Daerah Operasi 7 Madiun selama 1-9 Juni 2019.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, KA Mantab merupakan KA tambahan guna mengantisipasi tingginya minat warga Madiun dan sekitarnya dalam menggunakan moda transportasi kereta api saat masa arus balik Lebaran 2019.

"KA Mantab merupakan KA tambahan ekstra setelah sebelumnya sudah ada KA tambahan seperti Brantas tambahan. KA tersebut disediakan Daop Madiun guna memenuhi antusiasme masyarakat yang cukup tinggi dalam menggunakan transportasi kereta api, khususnya untuk kembali ke perantauan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang dilalui dalam rute," ujar Ixfan disela kegiatan pemberangkatan KA tersebut oleh Wali Kota Maidi di Stasiun Madiun, Jumat.

Menurut dia, mengingat permintaan penumpang yang masih tinggi, per hari Jumat (7/6), "stamformasi" KA Mantab yang semula sembilan kereta kelas bisnis dan 1 kereta makan, ditambah 1 kereta lagi, menjadi 10 kereta kelas bisnis dengan 1 kereta makan yang dilengkapi pembangkit.

Adapun, jumlah penumpang sebanyak 392 orang tersebut terisi 98 persen dari 640 total tempat duduk yang tersedia. Selebihnya yang 2 persen diisi penumpang dari stasiun lainnya.

Ia menjelaskan, dalam pemberangkatan tersebut, Wali Kota Maidi didampingi Vice President Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo, melakukan pengecekan sarana dan berinteraksi dengan penumpang.

Pihaknya juga mengapresiasi para penumpang yang melakukan perjalanan jauh dan memberi semangat kepada para petugas di lapangan.

Ixfan menambahkan, selama masa mudik, rata-rata dalam sehari penumpang yang turun di Daop 7 Madiun mencapai 32.881 orang. Sedangkan untuk Stasiun Madiun sendiri, mencapai sebanyak 8.177 orang.

"Sedangkan untuk penumpang yang berangkat dari Daop 7 rata-rata per hari sekitar 21.690 orang. Dan khusus yang berangkat dari stasiun Madiun 3.775 orang," katanya.

Salah satu penumpang asal Madiun atas nama Alip, mengaku sangat senang dengan dioperasikannya KA Mantab ekstra lebaran. Ia mengaku sangat diuntungkan karena tiket semua KA saat balik sudah habis.

"Alhamdulillah dapat juga, senang sekali. Kami mengucapkan banyak terima kasih, karena dengan KA Mantab ekstra lebaran ini kebutuhan tiket saya untuk balik terakomodasi. Terlebih di saat semua tiket KA lainnya telah penuh," kata Alip.

Sesuai data, penjualan tiket KA Mantab ekstra lebaran hingga pemberangkatan tanggal 9 Juni 2019, selalu penuh.

Sementara, secara umum arus mudik di Daop 7 Madiun dari tanggal 26 Mei sampai dengan 6 Juni 2019 volume tertinggi terjadi pada tanggal 6 Juni 2019 (H2 Lebaran) sebanyak 21.139 orang.

Adapun volume kedatangan tertinggi adalah Stasiun besar Madiun sebanyak 5.129 orang, berikutnya Blitar sebanyak 2.628, Kediri sejumlah 2.067 orang, dan Stasiun Tulungagung sebanyak 2.215 orang.
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019