Depok (ANTARA) - Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan puasa yang telah dijalankan selama satu bulan tidak hanya memberikan efek menguatnya hubungan  dengan Allah SWT tetapi juga mengajarkan tentang menumbuhkan spiritualitas sosial terhadap sesama manusia.

"Hubungan sesama begitu intens terjadi di bulan Puasa, misalnya memberikan makanan ketika berbuka puasa, membagikan zakat, shalat berjamaan dan berbuka secara bersama telah menghadirkan kekuatan hubungan diantara kaum muslimin," kata Idris di Depok, Kamis.

Untuk itu katanya selama satu bulan berpuasa menjadi ujian memperkokoh dan mewujudkan persaudaraan umat manusia khususnya umat Islam guna mempersatukan kembali keutuhan bangsa agar lebih kokoh.

Dikatakannya sebagai umat yang diwarisi ahklak mulia dari baginda Nabi Muhammad SAW sudah sepantasnya umat Islam menjadi penebar rahmat, pembawa kedamaian dan penjaga persaudaraan di tengah bangsa yang sarat dengan kemajemukan ini.

Hal senada dikatakan oleh ulama Kota Depok, Ustadz Ansyori yang mengingatkan kepada kaum muslimin bahwa puasa yang telah dijalankan selama bulan Ramadhan mampu meningkatkan derajat keimanan kaum muslimin.

"Spirit Ramadhan juga mendorong kita mengakui Allah adalah Tuhan kita" katanya.

Ia mengatakan ujian dan cobaan yang selama ini terjadi merupakan upaya untuk menaikan kualitas keimanan.

"Puasa juga merupakan spirit untuk kesehatan karena dengan beristirahatnya tubuh kita, maka tentunya tubuh kita akan menjadi semakin sehat," katanya.

Selain itu kata dia puasa juga merupakan mendorong   agar senantiasa manusia bisa menjadi yang lebih baik.

"Bukan hanya manusia yang berpuasa tapi juga hewan dan tumbuhan juga sebenarnya berpuasa," ujarnya.

Dikatakannya puasa juga menjadikan kita lebih baik lagi dalam berhubungan dengan Allah dan juga manusia. "Hubungan sesama manusia perlu terus diperkokoh agar kerukunan dapat terjadi," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019