... Ingin ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, kami merindukan Ibu Ani di hari yang fitri ini...
Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Keluarga Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana berziarah ke makam mendiang Ibu Ani Yudhyono pada hari Lebaran pertama ini, usai melaksanakan sholat Ied.

Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Cikeas, Bogor, Rabu, mengatakan, ayahnya kemungkinan besar akan ikut serta kendati tadi pagi tak bisa melaksanakan sholat Id karena kondisi kurang sehat. "Ingin ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, kami merindukan Ibu Ani di hari yang fitri ini," ujar Agus.

Keluarga besar Yudhoyono melaksanakan sholat Ied di Cikeas, dekat dengan rumah mereka. Di antara anggota keluarga besar Yudhoyono yang menunaikan sholat Ied 2019 itu adalah Annisa Pohan (istri Agus Yudhoyono) dan putri sulungnya, Almira Tunggadewi Yudhoyono. 

Agus mengungkapkan, karena harus berziarah, keluarganya tidak mengadakan open house seperti sebelumnya. Juga dikarenakan, sambung dia, keluarga masih berduka atas kepergian Ibu Ani pada Sabtu (1/6).

Agus mewakili keluarga mengucapkan terima kasih atas doa yang selama ini masyarakat termasuk para sahabat dan kerabat berikan untuk mendiang Ibu Ani.

"Kami tidak ada open house karena kami sekeluarga masih dalam rasa duka yang dalam. Terima kasih atas segala doa dan niat silaturahim kerabat, tetapi kami ingin berziarah untuk memberikan doa kepada ibunda, almarhumah Ibu Ani Yudhoyono," tutur dia.

Ani Yudhoyono yang terlahir dengan nama lengkap Kristiani Herrawati, di Yogyakarta, pada 6 Juli 1952, wafat di RS Universitas Nasional, Singapura, pada 1 Juni 2019. Ia --penerima Bintang Mahaputera Adipradana-- dimakamkan secara kenegaraan dengan prosesi militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, sehari kemudian, dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019