Hujan ringan tersebut berpotensi terjadi di wilayah barat selatan Aceh di antaranya Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya, dan Kabupaten Simeulue yang berada di Samudra Hindia
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Aceh hujan ringan saat Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Hujan ringan diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Aceh," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang Aceh Besar, Zakaria Ahmad yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa.

Zakaria menyebutkan, hujan ringan tersebut berpotensi terjadi di wilayah barat selatan Aceh di antaranya Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya, dan Kabupaten Simeulue yang berada di Samudra Hindia.

Hujan ringan juga berpotensi terjadi di wilayah tengah Aceh. Sedangkan wilayah pesisir timur Aceh diprediksi sedikit cerah. Semetara, di wilayah Aceh Besar diprakirakan hujan yang terjadi di kawasan pegunungan.

"Untuk suhu, diprakirakan berkisar 31 hingga 33 derajat celsius. Kondisi ini tidak terlalu panas," kata Zakaria Ahmad

Untuk angin, sebut Zakaria, aman dan normal. Angin bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan lima hingga 20 kilometer per jam.

Namun, yang perlu diwaspadai ketinggian gelombang berkisar 0,5 hingga 2,5 meter, terutama di wilayah perairan barat Aceh serta perairan Sabang-Banda Aceh.

"Kepada masyarakat, terutama nelayan yang melaut diingatkan membawa alat keselamatan seperti pelampung. Dan juga membawa alat komunikasi seperti radio," demikian Zakaria Ahmad.

Baca juga: DLHKK Banda Aceh kerahkan tim patroli sampah saat Lebaran

Baca juga: BMKG: Suhu di Banda Aceh selama Ramadhan capai 35 derajat Celsius

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019