Jakarta (ANTARA) - Menjelang Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu selain Hari Kemenangan itu sendiri.

Masyarakat menyambut antusias tunjangan yang hanya datang setahun sekali itu. Umumnya sebagian besar THR dialokasikan untuk belanja dan tanpa sadar, dalam hitungan hari saja uang habis tanpa sisa.

Kemudahan di era digital menjadi salah satu "pendorong" sehingga masyarakat cenderung membelanjakan uangnya dengan cepat seperti membeli aneka barang melalui e-commerce dan membeli tiket mudik secara online.

Grant Thornton, salah satu organisasi global terkemuka yang menyediakan jasa assurance, tax, dan advisory, merangkum tiga kiat yang dapat berguna dalam mengatur THR agar tidak habis begitu saja.

"Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu momen Lebaran yang selalu ditunggu mengingat banyaknya aspek kebaikan yang bisa dilakukan dengan tunjangan tersebut," kata Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia, dalam keterangan resmi, Minggu.

"Kebaikan ini tentu harus diimbangi dengan strategi kita mengatur pengeluaran secara bijak agar kebaikan tersebut tidak terasa berat," ujarnya.

Berikut ini tiga kiat agar tidak lupa diri menggunakan uang THR:

Tabung sebagian dari THR

Sisihkan sebagian uang di awal saat kita menerima tunjangan. Dengan menyisihkan sebagian dari THR yang diterima, dapat mencegah terjadinya pengeluaran yang tidak terduga maupun tak terkendali.

Menabung tidak hanya dengan menyimpan uang di bank, tetapi juga bisa dengan menginvestasikannya diberbagai bidang.

Tren investasi menabung saham yang saat ini sedang marak digencarkan pemerintah cukup diminati generasi milenial termasuk investasi obligasi ritel seperti saving bond ritel (SBR) maupun obligasi ritel Indonesia (ORI).

Membatasi belanja online

Momen Hari Raya juga dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk jor-joran memberikan diskon dan penawaran khusus.

Tak dapat dipungkiri, masyarakat semakin kalap atau "lapar mata" saat menghabiskan Tunjangan Hari Raya bahkan terkadang untuk barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Sebaiknya segera alokasikan terlebih dahulu besaran yang akan dibelanjakan untuk membeli pakaian atau barang baru yang diperlukan.

Dengan pintar mengatur THR, banyak hal positif yang dapat dilakukan salah satunya membeli tiket mudik sehingga dapat menghabiskan momen bersama keluarga dan kerabat terdekat

Berzakat dan bersedekah

Zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Sisihkan uang THR untuk membayar zakat harta dan bersedekah. Jangan sampai uang dihabiskan untuk berbelanja, namun kewajiban sebagai umat beragama terabaikan.

Baca juga: Warganet habiskan Rp1,2 juta belanja online saat Ramadhan

Baca juga: Tiga produk ini paling diburu saat belanja online jelang Lebaran

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019