Tanah Bumbu (ANTARA) - Kondisi penumpang yang hendak mudik menggunakan bus atau trasportasi umum di terminal Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, tujuan Banjarmasin dan daerah lainnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah hingga saat ini masih terlihat sepi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu, Wisnu, di Batulicin, Jumat, mengatakan, jumlah penumpang yang naik dari Terminal Batulicin menuju Terminal Banjarmasin rata-rata hanya mencapai sepuluh orang per hari dan kondisi itu sama seperti hari-hari biasa.

"Saat ini hanya ada dua armada atau bus ukuran sedang yang siap melayani calon penumpang menuju terminal tujuan dengan keberangkatan yang dijadwalkan secara berbeda" katanya.

Dua unit bus yang siap diberangkatkan dari Batulicin menuju terminal tujuan belum tentu membawa penumpang lebih dari 15 orang. Namun dengan sedikitnya penumpang pihak pengelola tetap memberangkatkan penumpang yang sudah membeli tiket hingga terminal tujuan.

Diperkirakan, sepinya penumpang bus atau pemudik diterminal Batulicin dikarenakan banyaknya minat masyarakat menggunakan kedaraan pribadi saat mudik lebaran. Bahkan sepeda motor masih menjadi kendaraan alternatif yang paling dipilih pemudik karena dianggapnya simpel dan bisa berangkat sewaktu waktu.

Selain itu juga banyaknya program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pihak swasta, partai maupun BUMN di setiap daerah. Sehingga banyak warga yang memanfaatkan momen tersebut untuk mengurangi biaya hidup.

"Kami ingin mengajak seluruh masyarak yang hendak mudik lebaran agar kembali menggunakan trasnportasi umum karena resiko perjalanan seperti kecelakaan dan lain lain sangat kecil," katanya.

Diungkapkan Wisnu, meskipun banyak pihak yang mengeluarkan program mudik gratis bagi masyarakat, nyatanya minat pemudik untuk menggunakan sepeda motor masih tinggi.

Mungkin masyarakat yang ingin mudik mengunakan kendaraan pribadi bisa kensaraannya nanti bisa digunakan di kampung halaman sehingga trasportasi umum kurang diminati oleh masyarakat.

"Semuanya itu memang hak pribadi masing-masing mau menggunakan kendaraan pribadi atau mengunakan transportasi umum, namun agar para pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa mempersiapkan kendaraannya dan menjaga lalulintas berkendaraan untuk menjaga keselamatan selama diperjalanan," tuturnya.

Pewarta: Imam Hanafi/Sujud Mariono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019