Baturaja (ANTARA) - Tiket Kereta Api (KA) kelas ekonomi di Stasiun Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, ludes terjual untuk keberangkatan hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

"Tiket KA ekonomi habis terjual sejak H-9 hingga H+10 lebaran tahun ini," kata Kepala Stasiun KA Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful Bahri di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan tiket yang habis terjual ini untuk keberangkatan KA ekonomi tujuan Tanjung Karang - Kertapati maupun sebaliknya, tidak tersedia lagi baik di stasiun setempat maupun pembelian secara online. 

Menurut dia, habisnya tiket kereta ini disebabkan tingginya permintaan masyarakat yang memilih jasa transportasi tersebut untuk mudik lebaran tahun ini. "Mungkin karena harganya murah yaitu hanya Rp29.000/tiket penumpang KA ekonomi sehingga banyak yang terjual," katanya.

Untuk tiket KA kelas lainnya, seperti bisnis dan eksekutif tujuan yang sama masih tersedia untuk mengangkut penumpang yang mudik lebaran ke kampung halaman. "Bahkan PT KAI menambah pengoperasian KA baru yaitu kereta ekonomi premium atau stainless stell," katanya.

Pengoperasian kereta ini menggantikan operasional kereta bisnis yang mulai ditarik dari jalur transportasi sejak beberapa waktu lalu. "Kereta baru ini berjumlah sembilan gerbong terdiri atas dua gerbong eksekutif dan tujuh gerbong ekonomi premium," katanya.

Menurut dia, penambahan kereta untuk tujuan Tanjung Karang-Kertapati dan sebaliknya tersebut guna mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. "Harga tiketnya  Rp160 ribu/penumpang lengkap dengan fasilitas pendingin ruangan atau AC," ujarnya.*


Baca juga: KAI operasikan kereta Kuala Stabas Premium rute Tanjungkarang-Baturaja

Baca juga: Jalur ganda Sumsel dioperasikan 25 April

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019