Tanah Bumbu (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengajak masyarakat "Bumi Bersujud " dan sekitarnya yang mau mudik bareng Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah menggunakan kapal laut.

Kepal PT ASDP Cabang Batulicin, Anang wahyudi melalui Manager Usaha, Arif Budiman, di Batulicin, Kamis, mengatakan, mudik bareng kali untuk menyemarakkan transportasi laut yang semakin kurang diminati masyarakat.

"Minat masyarakat dalam menggunakan transportasi laut saat ini mulai berkurang oleh sebab itu melalui program ini ASDP ingin menyemarakkan transportasi laut semakin diminati masyarakat kembali," kata Arif.

Dia mengatakan, untuk mendukung program ini pihak ASDP menyiapkan sekitar 800 lembar tiket gratis untuk calon penumpang kapal rute Pelabuhan Batulicin-Tanjung Serdang.

Banyak keuntungan yang dimiliki apabila masyarakat yang hendak mudik lebaran menggunakan transportasi laut salah satunya biaya pembelian tiket lebih murah dibandingkan transportasi udara.

Bukan hanya itu transportasi laut apabila terjadi insiden resiko kecelakaan semakin kecil dan mudah dilakukan evakuasi. Namun hal itu harus didukung dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan.

Diharapkan digaungkannya mudik berang ini mampu memikat masyarakat untuk bisa menghidupkan kembali transportasi laut baik itu lintas pendek maupun lintas panjang.

"ASDP saat ini dalam menyambut mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri telah menyiapkan tujuh kapal yang siap mengangkut calon penumpang dari Pelabuhan Tanjung Serdang-Batulicin dan sebaliknya," ujarnya.

Baca juga: ASDP siagakan enam kapal untuk pemudik Lebaran

Pewarta: Imam Hanafi/Sujud Mariono
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019